kepala imam ghana sheikh osman sharubutu menyumbangkan lebih dari
kepala imam ghana sheikh osman sharubutu menyumbangkan lebih dari

Kemurahan Hati Imam di Ghana Sumbang Rp 114 Juta Bangun Katedral

CAPE TOWN – Islam mengajarkan kemurahan hati dan cinta kasih sayang terhadap semua mahluk, termasuk kepada saudara sesama manusia, kemurahan hati inilah yang terlihat dengan jelas pada Imam Kepala Ghana Sheikh Osman Sharubutu yang telah menyumbangkan uang pribadinya untuk pembangunan sebuah Katedral.

Sheikh Osman telah menyumbangkan 8.000 dolar AS (114 juta) menurut laporan internasional, Senin (30/8). Sharubutu adalah seorang ulama Islam Ghana yang saat ini menjabat sebagai Imam Kepala Ghana.

Dilansir dari IOL dan republika.co.id pada Selasa (31/8), ulama berusia 102 tahun itu mengatakan gerakan itu bertujuan memperkuat ko-eksistensi damai antara orang Kristen dan Muslim. Kristen dan Muslim telah lama memiliki hubungan baik di negara Afrika Barat.

Imam Sharubutu telah mendedikasikan keberadaannya untuk membangun jembatan antara Muslim dan Kristen. Pada 2019, ia juga merayakan ulang tahunnya yang ke-100 di Gereja Katolik Kristus Raja Raja Accra untuk kebaktian Paskah.

Dewan Perdamaian Nasional bertemu dengan Imam Kepala Nasional dan Kaukus Muslim di parlemen pada Mei. Kepala imam Sharubutu mengatakan Tuhan telah hati kepada orang-orang Ghana dengan memberi mereka kedamaian, dan bahwa penganut berbagai agama dapat hidup dalam damai dan harmoni. Ia berpesan agar warga Ghana harus menjaga perdamaian negara.

“Mengutip Alquran, Imam Kepala Nasional menasihati warga Ghana untuk selalu berkomunikasi satu sama lain secara sipil,” menurut situs Council.gov.gh.

“Kami kewalahan dan kehilangan kata-kata. Ini isyarat besar dan kami menghargainya. Saya pikir banyak orang, termasuk Kristen dan Muslim akan mengikuti apa yang telah dilakukan Imam Besar,” kata Ketua Dewan Pembina Katedral Nasional, Rasul Opoku Onyinah, menurut situs berita MyJoyOnline.com.

Osman Sharubutu merupakan anggota Dewan Perdamaian Nasional. Ini merupakan badan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran seputar penggunaan strategi non-kekerasan dalam menanggapi konflik, melalui jaringan, koordinasi dan kampanye. Dewan Perdamaian Nasional terdiri atas 13 anggota, mewakili berbagai kelompok agama, sosial atau politik.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Jatman Depok Ajak Warga Perkuat Nilai Religiusitas

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

pwnu dki jakarta menyalurkan keasiswa kepada santri

Peringati Hari Santri, PWNU DKI Jakarta Salurkan Beasiswa 200 Santri

JAKARTA  – Akar historis Hari Santri adalah tercetusnya Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim …

Pondok pesantren

Pesantren Berperan Besar Sebarkan Ajaran Islam ke Seantero Nusantara

Jakarta – Pesantren berperan besar dalam memperkuat pendidikan Islam dan generasi bangsa. Melalui pesantren juga, …