Pengukuhan Pengurus Lembaga dan Badan Khusus PBNU di Tasikmalaya
Pengukuhan Pengurus Lembaga dan Badan Khusus PBNU di Tasikmalaya

Harus Lari dan Naik Turun di Berbagai Medan, Ketum PBNU Minta Pengurus Tanfidziyah Tak Sarungan

Jakarta – Nahdliyin selama ini identik dengan cara berpakaian dengan mengenakan sarung dan songkok. Namun di tengah dinamika sekarang ini, khusus pengurus Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) diminta tidak sarungan, tapi celana panjang.

Permintaan itu disampaikan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya pada  pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Pengukuhan Lembaga/Badan Khusus PBNU masa khidmah 2022-2027 di aula Institut Agama Islam Cipasung (IAIC), Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (24/3/2022).

Seluruh pengurus lembaga dan badan khusus PBNU yang dikukuhkan oleh Katib Aam PBNU KH Akhmad Said Asrori itu memang diwajibkan memakai pakaian celana panjang hitam serta baju putih lengan panjang.

“Ini adalah gestur bahwa pengurus tanfidziyah adalah mereka yang siap berlari-lari ke sana-kemari, memanjat dan turun di berbagai medan untuk bekerja keras demi menjalankan tugas-tugasnya. Selain itu, untuk menegaskan bahwa tanfidziyah ini sekadar pegawainya syuriyah,” kata Gus Yahya seperti dikutip dari NU Online.

Gus Yahya mengatakan hal tersebut bertujuan untuk menegakkan prinsip yang mendasar di dalam jam’iyah atau keorganisasian NU, yakni jajaran syuriyah merupakan pimpinan tertinggi di organisasi NU.

“Syuriyah adalah pemimpin tertinggi sekaligus pemegang hak milik atas NU, sedangkan tanfidziyah ini hanya orang-orang yang dipekerjakan saja. Gestur ini kita jalankan dengan cukup disiplin,” ucap Gus Yahya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Ini Imbauan PBNU Terkait Idul Adha di Tengah Pandemi

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

KH Sholahuddin Al Aiyub

Radikalisme dan Liberalisme Distorsi Pemahaman Agama, Islam Wasathiyah Solusinya.

Jakarta – Radikalisme dan liberalism agama telah mendistorsi pemahaman agama. Karena itu, Islam wasathiyah menjadi …

maulid nabi

Khutbah Jumat – Hubbun Nabi

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …