Demo tolak Ustaz Firanza di Wajo
Demo tolak Ustaz Firanza di Wajo

Dinilai Penceramah Radikal, NU Wajo Tolak Kedatangan Ustaz Firanda

Wajo – Demonstrasi menolak kedatangan Ustaz Firanda Andirja Abidin di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) digelar Keluarga Besar NU setempat, Kamis (24/3/2022). Penolakan dillakukan karena Firanda dianggap sebagai penceramah radikal. Rencananya Firanda akan menjadi pembicara pada tablig akbar dan silaturahmi dengan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

“Kami menolak kehadiran Ustaz Firanda Andirja di Kabupaten Wajo karena berpotensi terjadinya gesekan di masyarakat,” kata Ketua GP Ansor Wajo Muhammad Ihwan dikutip dari laman detikcom.

Ihwan menegaskan, Ustaz Firanda keras dalam berdakwah dan hampir semua praktik keagamaan dikafirkan dan disalahkan. Ihwan mengatakan tak ingin kedatangan Ustaz Firanda menimbulkan konflik.

“Ustaz Firanda terindikasi ustaz radikal, sementara Wajo itu lumbung pesantren, kota santri. Gudangnya Ulama dengan karakter Nahdliyyin pasti akan memunculkan riak-riak dan Konflik di tengah masyarakat,” tambahnya.

Pihaknya juga meminta kepada pemerintah Kabupaten Wajo untuk tidak sembarangan mengundang dan mengizinkan penceramah dari luar yang ideologi atau alirannya tidak diketahui

“Kita sedini mungkin tolak sebelum hadir, apalagi hari jadi Wajo adalah pesta untuk masyarakat Wajo. Kita di Wajo kondisi keberagaman kita harmonis, kondusif dan tidak ada masalah. Dikhawatirkan kalau pengajiannya di masjid raya akan memberikan doktrin,” jelasnya.

“Bukan persoalan figurnya, tapi persoalan prinsipnya dalam berdakwah karena dia menghakimi golongan lain,” sambungnya.

Diketahui dalam rangka menyukseskan salah satu rangkaian Hari Jadi Wajo ke-623 Tahun, dilaksanakan Tabligh Akbar dan silaturahmi dengan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan. Taklim dan kajian akan dibawakan oleh Ustaz Firanda Andirja pada Senin 28 Maret mendatang.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Legenda Hidup AC Milan Clarence Seedorf Jadi Mualaf

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

muslim houston amerika serikat rayakan idul fitri dengan menggelar festival

Komunitas Muslim Houston bagikan Makan Gratis Tunawisma

JAKARTA – Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, rahmat yang bukan saja untuk umat Islam namun …

ilustrasi logo nahdlatul ulama

Konbes NU 2022 Lahirkan 19 Peraturan untuk Perkuat Landasan Jam’iyah Optimalisasi Khidmah

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) 2022 …