Screen Shot 2021 04 26 at 10.23.41 AM
Screen Shot 2021 04 26 at 10.23.41 AM

Ketum PBNU Serukan Warga Nahdliyin Sholat Ghaib atas gugurnya awak KRI Nanggala-402

Jakarta – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengumumkan para awak KRI Nanggala – 402 telah gugur sebagai patriot bangsa setelah kapal ditemukan dikedalaman 838 meter dibawah laut. Berbagai ungkapan belasungkawa dan doa mengalir dari masyarakat sejak kapal selam nanggala dinyatakan hilang kontak hingga hari ini.

Ucapan belasungkawa dan doa juga disampaikan oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj dan menyerukan kepada warga NU untuk melaksanakan sholat ghaib bagi 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur karena kapal tenggelam (tenggelam). 

“Saya Ketua Umum PBNU mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya 53 awak Kapal Selam Nanggala-402 pada Ahad, 13 Ramadhan 1442 Hijriah bertepatan dengan 25 April 2021,” kata KH Said Aqil Siroj dalam video yang diterima di Jakarta, seperti dikutip dari laman antaranewscom. Senin.

KH Said Aqil mendoakan agar 53 awak KRI Nanggala-402 yang gugur diterima di sisi Allah dan diampuni segala kesalahannya.

“Katakanlah tidak sekali-kali menimpa kepada diri kita kecuali apa yang telah dikehendaki oleh Allah. Karena itu kita yakin dan kita doakan agar arwah mereka diterima di sisi Allah, ditempatkan di tempat yang indah dan damai dan mereka diampuni segala kesalahannya, diterima segala amal solehnya,” katanya.


Bagi keluarga yang ditinggalkan lanjut KH Said Aqil juga mendoakan semoga diberi ketabahan dan kesabaran atas musibah tenggelamnya KRI Nanggala-402.

“Semuanya adalah musibah dari Allah, innalilahi wa innailaihi rojiun, dan saya mengimbau kepada seluruh warga Nahdiyin agar melaksanakan shalat ghaib untuk arwah mereka,” ujarnya.

Sebanyak 53 awak kapal KRI Nanggala-402 dinyatakan telah gugur, kata Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto saat jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu petang.

Baca Juga:  Ormas Islam Minta Pemerintah Aktif Dialog Dengan Berbagai Lapisan Masyarakat Dalam Menangani Pandemi Covid-10

Kapal selam ini membawa 53 orang yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata. Kapal hilang kontak saat komandan pelatihan hendak memberikan otoritas penembakan terpedo.

Dalam jumpa pers di Bali, Sabtu (24/4), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan status KRI Nanggala-402 telah menjadi subsunk (tenggelam) setelah tim pencari melakukan pencarian selama 72 jam.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …