perdana menteri kanada justin trudeau tiba di penyambutan para
perdana menteri kanada justin trudeau tiba di penyambutan para

Kutuk Perusakan Masjid, Trudeau: Tidak Ada Tempat Bagi Islamofobia Di Kanada

TORONTO – Aksi vandalisme, perampokan dan pengrusakan terhadap Masjid di Distrik Scarborough, Toronto, Kanada. Yaitu Baitul Jannah Islamic Center menggugah para pemimpin di Kanada untuk menunjukkan reaksi keras terhadap para pelaku tindakan islamofobia.

Meskipun hingga hari ini para pelaku belum berhasil diamankan karena semua CCTV dan alat bukti juga diambil oleh pelaku, selain itu kotak amal juga diambil sehingga hanya meninggalkan buku-buku yang berserakan dan masjid yang rusak.

Foto tersebut memperlihatkan kehancuran masjid yang disebabkan oleh perampokan. Para tersangka melemparkan buku, kertas, dan barang-barang lain di lantai. Menurut keterangan polisi Toronto, mereka juga mencuri kota sumbangan, menonaktifkan kamera CCTV, dan mencuri peralatan pengawasan.

Meskipun kejahatan tersebut belum secara resmi dianggap bermotif kebencian, unit kejahatan kebencian telah diberitahu. Sebelumnya, masjid itu sudah dirampok tiga kali, yaitu pada Maret, April, dan Juni 2019.

Dilansir DH News dan republika.co.id Selasa (24/8), polisi mengatakan seseorang ditangkap dan didakwa terkait serangan itu dan belum diketahui apakah perampokan terbaru terkait dengan yang sebelumnya.

Menurut Rizuan Rahman, serangan masjid ini mungkin yang ke-10 kalinya dalam beberapa tahun terakhir. “Ini adalah tempat di mana orang-orang yang damai, penuh kasih, pekerja keras dari komunitas kami datang untuk berdoa. Tapi tempat seperti ini dirusak di jantung Scarborough yang merupakan salah satu daerah paling beragam di negara ini, sangat memilukan,” tulisnya.

Menanggapi ini, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan dia sangat terganggu adanya vandalism di Baitul Jannah. “Saya sangat terganggu dengan vandalisme yang menargetkan Baitul Jannah Islamic Center di Toronto. Islamofobia tidak memiliki tempat di Kanada dan kami akan terus mengambil tindakan untuk membuat komunitas kami merasa aman,” kata Trudeau dalam cicitannya.

Baca Juga:  Bikers Muslim dan Sikh Kanada Gelar Aksi Solidaritas Bersama Untuk Palestina

Wali Kota John Tory juga menyuarakan dukungannya untuk masjid dalam cicitannya. “Sangat marah tentang vandalisme terbaru di Baitul Jannah Islamic Center di Kingston Road di Scarborough. Perilaku Islamofobia semacam ini tidak memiliki tempat di Toronto. Tolong bantu polisi membawa mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan,” ucap dia.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Serah terima bantuan rumah dari Laznas Baitulmaal Muamalat kepada mantan pengikut aliran Hakekok Balakasuta

Laznas Baitulmaal Muamalat Serahkan Rumah Harapan Untuk Mantan Penganut Hakekok Balaksuta

Pandeglang – Masih ingat dengan penganut aliran kepercayaan Bakekok Balakasuta yang pernah menghebohkan Pandeglang dengan …

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …