Masjid Hagia Sophia di kota Ainos yang sebelumnya bangunan gereja
Masjid Hagia Sophia di kota Ainos yang sebelumnya bangunan gereja

Lagi, Sebuah Gereja Diubah Jadi Masjid di Turki

Ankara – Pemerintah Turki kembali mengalihfungsikan sebuah gereja menjadi masjid, seperti yang pernah dilakukan terhadap Masjid Hagia Sophia di Istanbul. Kali ini bangunan gereja yang dijadikan masjid itu terletak di Kota Ainoz (Enez) di Andrianopolis (Edirne).

“Lagi, di sini, hari ini, untuk peresmian masjid Hagia Sophia di Ainu-Edirne,” kata Presiden Urusan Agama Turki Ali Erbas dikutip di Greek City Times, Mingg (26/12/2021).

Edirne berada di Thrace timur, di mana menurut para ahli genosida, genosida Yunani dimulai pada 1913, sebelum Perang Dunia Pertama.

Gereja Agia Sophia dari Ainos (Enez) adalah sebuah bangunan Bizantium dari abad ke-12. Bangunan tersebut diubah fungsinya setelah selesai dipugar, yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan.

Mehmed Sang Penakluk berubah menjadi Masjid Penaklukan pada 1456, dan sekarang dibuka kembali dengan nama sebelumnya.

“Setelah peresmian Masjid Hagia Sophia di Istanbul tahun lalu, kita bertemu lagi di sini hari ini, untuk peresmian masjid Hagia Sophia di Ainu-Edirne,” lanjut Ali Erbas.

Gereja yang bersejarah tidak digunakan karena rusak akibat gempa bumi. Ia dipulihkan 56 tahun kemudian dan dibuka untuk salat Jumat oleh Ali Erbas.

Dalam sambutannya, ia menyatakan budaya Islam adalah budaya yang berfokus pada masjid. Beberapa bulan lalu, ia mengunjungi negara-negara Balkan, di mana saat melihat menara, hatinya mulai berdebar. Di mana pun melihat masjid atau menara, Ali Erbas mengaku merasa senang.

“Kami sekarang membuka kembali masjid Hagia Sophia di Edirne untuk beribadah. Semoga Allah SWT memberkatinya. Betapa indahnya persatuan dan solidaritas yang kita miliki,” ujar dia.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Wapres HUT ke 45 MUI

Fatwa MUI: Terorisme Bukan Jihad, Terorisme Haram!

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin menegaskan bahwa aksi terorisme bukan jihad, terorisme …

Cak Islah Bahrawi

Tolak UU Buatan Manusia, Islah Bahrawi: Teroris Hanya Mau Jalankan Hukum Syariah

Jakarta –  Kelompok teroris menganggap Undang-undang harus menggunakan hukum syariah yang dalam pemahamannya sebagai buatan …