049038500 1619430885 830 556

Muslim Michigan Jalani Ramadhan dengan Kewaspadaan Terhadap Ancaman Teror

MICHIGAN – Komunitas Muslim di Michingan Amerika Serikat (AS) harus selalu waspada terhadap berbagai tindakan persekusi dan kekerasan yang dapat terjadi secara tiba-tiba, pesatnya laju pertumbuhan umat muslim di Michingan menimbulkan tindakan islamofhobia dari daerah luar negara bagian.

Kewaspadaan muslim Michingan didasarkan atas kasus ancaman seorang pria yang akan melakukan tindakan kekerasan terhadap masjid-masjid di wilayah Detroit, Michingan.

Sebelumnya, seorang pria berusia 60 tahun dari Minnesota ditahan di Penjara Van Buren County di Michigan Barat. Saat ini ia sedang menunggu dakwaan karena menabrak 11 kendaraan di Paw Paw awal pekan ini, menurut laporan berita lokal. Para korban mengatakan mereka yakin pria itu sengaja menabrak “kendaraan yang dikemudikan oleh orang kulit berwarna”.

Tersangka ditangkap sebagian besar karena tindakannya sendiri, termasuk kemarahannya di jalan, serta unggahan di media sosial yang merinci niat kekerasannya. Hal ini dijelaskan Amy Doukoure, pengacara staf Council on American-Islamic Relations-Michigan dilansir dari The New Arab dan republika.co.id Sabtu (16/4/2022).

“Ini benar-benar pekerjaan polisi yang bagus. Dia benar-benar terbuka dengan ancamannya, dan mereka dapat melacak pergerakannya dengan cepat,” kata Doukoure.

Doukoure percaya Michigan telah menjadi sasaran kekerasan anti-Muslim karena perhatian media yang tinggi tahun ini. Ditambah adanya berita tentang dua walikota Muslim yang baru terpilih dan dewan yang semuanya Muslim, juga kehadiran anggota Kongres Rashida Tlaib.

“Media benar-benar menghebohkan daerah ini. Ada populasi Muslim yang besar. Orang-orang sangat berhati-hati. Ada ancaman terhadap masjid-masjid tertentu,” katanya.

Selama bulan suci Ramadhan yang sedang berlangsung, orang-orang bersikap ekstra hati-hati karena kerentanan yang ditimbulkan oleh kerumunan besar.

“Saya hanya berpikir, bahwa penting bagi orang-orang untuk mengetahui kalau selama Ramadhan orang-orang berkumpul di waktu suci ini,” katanya.

Baca Juga:  Kongres AS Sahkan RUU Sanksi Penindasan Muslim Uighur

“Kami ingin semua orang di sini aman. Kami memang berpuasa sepanjang hari, dan cenderung sangat ramai di malam hari,” tambahnya.

 

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

raker penyelenggaraan ibadah haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas Minta Santri Semangat Menuntut Ilmu Dan Lawan Kebencian Terhadap Santri Dengan Prestasi

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada para santri untuk terus menuntut ilmu secara sungguh-sungguh, …

Sarasehan Penguatan Moderasi Beragama BNPT dan UMY

Cegah Virus Radikal Terorisme di Sekolah, BNPT Perkuat Moderasi Beragama Guru SMA/SMK se-DIY

Yogyakarta – Generasi Z dan generasi milenial antara usia 14-39 tahun menjadi generasi yang paling …