Pernille Vermund
Pernille Vermund

Partai Sayap Kanan Denmark Galang Dana Untuk Terbitkan Ulang Kartun Nabi Muhammad

Kopenhagen – Belum selesai kasus penerbitan ulang kartun Nabi Muhammad SAW oleh majalah Charlie Hebdo di Prancis, kini muncul gerakan dari yang sama dari Denmark. Partai sayap kanan Denmark, Partai Nye Borgerlige (Kanan Baru), tengah melakukan kampanye dan penggalangan dana untuk menerbitkan ulang kartun Nabi Muhammad di negara tersebut.

Alasannya, mereka bersimpati atas kasus pembunuhan Samuel Paty yang berawal dari penerbitan ulang kartun terebut.

“Pembunuhan Samuel Paty memicu kampanye, kami ingin menunjukkan dukungan kami untuk keluarganya dan kebebasan berbicara,” kata pemimpin Nye Borgerlige, Pernille Vermund.

Samuel Paty adalah seorang guru di Prancis yang dipenggal oleh seorang anak berusia 18 tahun pada 16 Oktober lalu karena menunjukkan kartun Nabi kepada murid-muridnya di kelas tentang pentingnya kebebasan berbicara.

Nye Borgerlige berupaya mengumpulkan uang untuk menerbitkan iklan dengan gambar Charlie Hebdo di outlet media Denmark , tanpa menyebutkan sifat dari iklan tersebut. Vermund hanya mengatakan bahwa itu adalah kewajiban untuk memastikan bahwa masyarakat Denmark mendukung kebebasan berbicara, bukan mengurangi. Namun ia sendiri tidak yakin gagasan untuk mencetak ulang kartun Charlie Hebdo akan dimungkinkan.

Kekhawatiran Vermund bukan tanpa dasar, karena perwakilan dari setidaknya salah satu tabloid negara itu, Ekstra Bladet, tidak bisa memberikan kepastian apakah bisa memasang iklan tersebut.

Editor media tersebut, Poul Madsen, mengatakan bahwa Ekstra Bladet mengutuk terorisme dan mendukung Prancis serta kebebasan berbicara, tetapi akan membuat keputusan untuk mencetak iklan Nye Borgerlige yang berisi kartun Nabi Muhammad.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Meski Hujan Menerpa, Prajurit TNI Tetap Khusu’ Salat dan Bersimpuh

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

dr Fauzia Gustarina Cempaka Timur S IP M Si

Celah Intoleransi Dalam Beragama Diincar Kelompok Radikal Untuk Sebarkan Virus Radikalisme

Jakarta – Kelompok radikal selalu berupaya memanfaatkan berbagai cara untuk menyebarkan virus radikalisme. Salah satunya …

RDP Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan Komisi VIII DPR RI

Dai Harus Miliki Strategi Metode Dakwah yang Menitikberatkan Wawasan Keberagamaan dan Kebangsaan

Jakarta – Sertifikasi penceramah atau dai dilakukan demi meningkatkan pemahaman moderasi beragama kepada kalangan dai …