014593000 1608556116 830 556
014593000 1608556116 830 556

Peringati Nuzulul Quran, Khofifah dan Kepala Daerah se-Jatim Khataman Alquran

SURABAYA – Peringatan “Nuzulul Quran”1442 Hijriyah dimanfaatkan oleh seluruh Kepala Daerah di Jatim untuk Khataman Al-Quran. kegiatan yang diinisiasi oleh Gubenur Jawa Timur, khofifah Indar Parawansa tersebut berlangsung hikmat.

Khataman dibagi menjadi dua tempat, kepala daerah yang dekat dengan Surabaya melaksnakan khataman di Gedung Negara Grahadi Surabaya, pada Sabtu (1/5). Sedangkan yang jaraknya cukup jauh mengikuti melalui daring.

“Terima kasih kepada semua kepala daerah dan pejabat Forkopimda yang telah bersama-sama mengikuti khataman Quran, baik yang dari Grahadi maupun virtual,” ujar Khofifah. Seperti dikutip dari laman republika.co Minggu (2/5)

Pada kegiatan yang berakhir menjelang tengah malam tersebut, seluruh kepala daerah dan sejumlah pejabat Forkopimda bergantian membacakan satu surat pada juz 30 Alquran. Sedangkan pada juz 1-29 sebelumnya telah dibacakan oleh jajaran Forkopimda di tempat masing-masing sejak awal Ramadhan 1442 H.

Sejumlah bupati/wali kota yang daerahnya tidak jauh dari Surabaya turut hadir langsung dan mengaji di Gedung Negara Grahadi. Sedangkan, kepala daerah lainnya dari tempat masing-masing secara daring. Diawali oleh pembacaan Surat An Naba oleh calon imam besar masjid di UEA, Ustaz Rahmat Alfian Hidayat, kemudian bergantian kepala daerah dan forkopimda, lalu diakhiri oleh Gubernur Khofifah dengan bacaan Surat An Nas.

Gubernur Khofifah mengapresiasi seluruh pihak terlibat, khususnya TNI, Polri dan Kejaksaan yang dinilainya mampu membangun keberimbangan antara ikhtiar dhohir dan bathin.”Ini sebagai bagian dari memohon keberkahan dari Allah SWT agar masyarakat yang kita pimpin hidupnya penuh berkah, mulai dari kabupaten/kota hingga bangsa Indonesia,” ucap dia.

Pemprov Jatim, kata Khofifah, fokus untuk membangun “Jatim Bangkit”  2021 sebagai wujud upaya pemulihan ekonomi nasional meski masih di masa pandemi Covid-19.”Tahun ini harus ada kebangkitan di Jatim, baik dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan lainnya,” tutur mantan menteri sosial tersebut.

Baca Juga:  Jadikan Momentum Nuzulul Quran Untuk Melawan COVID-19

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Gubernur Khofifah selama ini, khususnya pada bulan suci dengan tadarus daring dan luring, khataman quran hingga peringatan Nuzulul Quran.”Semoga kita semua diberi keberkahan dan Indonesia, khususnya Jatim, menjadi daerah yang dilindungi serta diridhoi Allah SWT,” kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Tak hanya khataman quran, pada kesempatan yang sama juga disampaikan tausiyah Nuzulul Quran oleh H Muhammad Abdurrahman Al Kautsar (Gus Kautsar) dari Pondok Pesantren Al Falah, Ploso, Kabupaten Kediri.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

000101500 1632234054 830 556

Isu Perpecahan Mencuat di Tubuh Petinggi Taliban, Berikut Laporan Aljazirah

KABUL – Taliban menguasai Afganistan setelah berhasil memasuki ibu kota dan menduduki istana kepresidenan di …

Serah terima bantuan rumah dari Laznas Baitulmaal Muamalat kepada mantan pengikut aliran Hakekok Balakasuta

Laznas Baitulmaal Muamalat Serahkan Rumah Harapan Untuk Mantan Penganut Hakekok Balaksuta

Pandeglang – Masih ingat dengan penganut aliran kepercayaan Bakekok Balakasuta yang pernah menghebohkan Pandeglang dengan …