menguak bulan
menguak bulan

Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam di Bulan Dzulqa’dah

Bulan Dzulqa’dah adalah salah satu bulan penting dalam kalender Islam. Dalam penanggalan hijriyah, Dzulqa’dah menempati urutan kesebelas atau bulan kesebelas. Dzulqa’dah, sebagaimana diketahui merupakan bulan permulaan dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt. Empat bulan tersebut di antaranya adalah Dzulqa’dah, Dzulhijah, Muharram dan Rajab.

Kemuliaan empat bulan tersebut dijelaskan oleh Allah Swt., dalam surat at-Taubah ayat 36. Begini bunyinya. “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, sebagaimana dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan yang diagungkan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab)” (Q.S at-Taubah: 36).

Bulan Dzulqa’dah juga termasuk bagian dari bulan haji, yakni Syawal, Dzulqa’dah, dan sepuluh hari pertama bulan Dzulhijah. Dengan demikian, sebagai bagian dari empat bulan yang dimuliakan oleh Allah Swt., Dzulqa’dah memiliki keutaman-keutamaan tersendiri dibandingkan bulan-bulan lainnya. Selain itu, terjadi juga peristiwa penting dalam sejarah Islam pada bulan bulan ini. Apa saja peristiwa-peristiwa tersebut?

Pertama: Perang Melawan Bani Quraidzah.

Bani Quraidzah merupakan salah satu suku Yahudi yang ada di Madinah. Perang ini terjadi pada tahun ke-5 Hijriah. Bani Quraidzah diperangi karena melanggar perjanjian damai dengan umat Islam di Madinah. Suku ini membantu musuh Islam dari luar Madinah dalam perang Ahzab. Perang antara kaum kafir Quraisy dengan umat Islam. Setelah berhasil dikalahkan, Bani Quraizah kemudian diusir dari Madinah.

Kedua: Perjanjian Hudaibiyah

Perjanjian Hudaibiyah adalah sebuah perjanjian yang mengubah peta kekuatan kaum muslim dan kaum kafir Quraisy. Perjanjian ini terjadi di sebuah tempat bernama Hudaibiyah pada tahun ke-6 Hijriah. Apabila dilihat dari poin-poin yang ada, perjanjian Hudaibiyah terlihat sangat merugikan umat Islam. Akan tetapi, jika dilihat secara lebih cermat, perjanjian tersebut sangat menguntungkan umat Islam.

Baca Juga:  Kecemburuan Istri dan Pelajaran dari Rasulullah

Misalnya, poin yang melarang adanya peperangan antara kaum Quraisy dan umat Islam selama 10 tahun. Dengan adanya poin tersebut, Rasulullah Saw., dan umat Islam tidak sibuk menghabiskan energi untuk berperang. Mereka lalu menggunakan energi besar tersebut untuk berdakwah menyebarkan agama Islam. Dan, akhirnya umat Islam pun kian hari kian bertambah banyak. Hingga membuat kaum kafir Quraisy semakin gentar.

Ketiga: Haji Wada

Haji wada atau haji perpisahan ini terjadi pada tahun ke-10 Hijriah atau dua tahun setelah peristiwa Fathu Makkah. Rasulullah Saw., bersama rombongan memasuki Kota Makkah dengan damai. Bertempat di Padang Arafah, Rasulullah Saw., memberikan khutbah di hadapan umat Islam yang kemudian dikenal dengan khutbah wada atau khutbah terakhir.

Salah satu isi dari khutbah tersebut adalah bahwa Rasulullah Saw., meninggalkan untuk umatnya dua pusaka yang harus dipegang teguh, yakni al-Qur’an dan hadits. Tiga bulan setelah pulang ke Madinah, Rasulullah Saw., jatuh sakit dan akhirnya wafat. Umat Islam pun sangat berduka atas meninggalnya Rasulullah Saw.

Demikian beberapa peristiwa penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada bulan Dzulqa’dah. Semoga bisa memberikan ibrah kepada kita semua. Aamiin.

Bagikan Artikel ini:

About Nur Rokhim

Avatar of Nur Rokhim
Mahasiswa Pasca Sarjana Sejarah Peradaban Islam UIN Sunan Kalijaga. Aktif di Majalah Bangkit PWNU DIY

Check Also

musa dan firaun

Kisah Nabi Musa dan Firaun: Adab Mengkritik Seorang Penguasa yang Sangat Dzalim

Pergilah kamu berdua kepada Firaun, sesungguhnya dia telah melampaui batas. Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya …

makkah

Ketika Masjidil Haram Ditutup karena Wabah Melanda

Presiden Jokowi telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat mulai tanggal 3-20 Juli mendatang. …