peluncuran buku dan doa untuk bangsa nasaruddin umar office
peluncuran buku dan doa untuk bangsa nasaruddin umar office

Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar Raih Penghargaan Rekor MURI Sebagai Penulis Kolom Terbanyak

Jakarta – Museum Rekor-Dunia Indonesai (MURI) menganugerahkan Prof. Dr. KH. Nazaruddin Umar sebagai penulis artikel terbanyak, sebuah capaian yang sungguh pantastis bagi seorang ulama yang luar biasa sibuk namun masih sempat menulis dan mendapatkan penghargaan rekor dari MURI.

Capaian Kiai Nazaruddin Umar manegaskan bahwa seorang ulama harus selalu berkarya dalam bentuk tulisan agar dapat menjadi pelajaran serta teladan bagi generasi selanjutnya. Produktifitas ulama sekaliber Kiai Nazaruddin tidak berhenti hanya dipenulisan artikel, namun juga menghasilkan karya buku dengan banyak judul.

Kiai Nazaruddin menyebutkan bahwa artikel sebagai teman hidupnya sejak S1.
“Saya mulai dari S1 dahulu, hidup dengan artikel. Sampai saat ini menjadi kebiasaan,” kata Nasaruddin Umar dalam acara peluncuran bukunya di Hotel Grand Sahid, seperti dikutip dari laman detik.com Jumat (5/11/2021) malam.

Founder Nasaruddin Umar Office (NUO) ini juga mengulas balik kisahnya semasa S1 secara singkat. Kala itu, ia biasa menyelesaikan artikel mulai dari jam 2 dini hari hingga 6 pagi.

“Bangun jam 2 setelah sholat menyelesaikan artikel sampai jam 6. Dan seterusnya,” ujarnya.

Sebagai pemecah rekor MURI penulis kolom terbanyak secara berkesinambungan, Nasaruddin tercatat telah menghasilkan sebanyak 6 ribu artikel dalam kurun waktu 5 tahun.

“Saya juga baru diberi tahu. Artikel saya selama 5 tahun terakhir ini, ternyata sudah mencapai 6 ribu artikel,” kata dia.

“Saya tidak sadar kalau sudah sampai sebanyak itu artikel yang saya tulis,” tambahnya.

Meskipun memiliki hobi menulis yang tinggi, Nasaruddin juga membatasi dirinya untuk rehat sejenak ketika ia harus melakukan perjalanan ke luar kota atau pun luar negeri.

“Saya sehari menulis 12 halaman. Kalau ke luar kota atau ke luar negeri saya stop (berhenti),” tutur Nasaruddin.

Baca Juga:  Derita Pengungsi Muslim Rohingya Laksanakan Puasa di Pulau Terpencil

Selain artikel, Nasaruddin juga masih produktif dalam menuangkan pemikirannya dalam bentuk buku. Untuk tahun ini, ulama tersebut berhasil menerbitkan 5 judul buku pada hari ini, Jumat (5/11/2021).

Judul-judul buku yang dirilis oleh Nasaruddin Umar di antaranya ada ‘Menjalani Hidup Salikin’, ‘Menyelam Seluk-seluk Makrifat’, ‘Menelisik Hakikat Silaturahim’, ‘Memahami Al Quran di Masa Post Truth’, dan ‘Pemberdayaan Umat Berbasis Masjid’.

Beberapa tokoh nasional juga turut mengapresiasi mahakarya Nasaruddin tersebut. Mulai dari Mantan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri yang menghadiri kegiatan launching buku secara virtual.

Hingga dukungan secara langsung diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI (Menpolkumham) Mahfud MD hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Twit Abdulla Alamudi

Komentari Pelecehan Agama oleh Holywings, Kolumnis Media Qatar: Itu Bentuk Provokasi

Jakarta –  Pelecegahan agama yang dilakukan klub malam Holywings tidak hanya menyulut gejolak umat Islam …

Pernikahan beda agama

Nikah Beda Agama Disahkan PN Surabaya Preseden Buruk dan Resahkan Umat Islam

Jakarta – Beberapa waktu lalu Pengadilan Negeri (PN) Surabaya mensahkan pernikahan beda agama yang diajukan …