potret lautan manusia di tengah aksi unjuk rasa thailand
potret lautan manusia di tengah aksi unjuk rasa thailand

Berikut Jumlah Agama di Dunia Tahun 2021, Pemeluk Terbanyak Sampai Milyaran

Jakarta – Agama bukan hanya sebuah kepercayaan akan sesuatu yang melebihi kemampuan manusia, namun agama juga menjadi kebutuhan manusia untuk menuju jalan yang dikatakan mempunyai kekuatan diatas segalanya yang dalam bahasa agama disebut Tuhan. Kepercayaan manusia akan adannya Tuhan telah ada sejak jutaan bahkan miliaran tahun lalu.

Agama berkembang secara pesat, karena manusia membutuhkan bimbingan dalam menjalani kehidupan, sehingga jumlah agama mencapai ribuan bahkan berdasarkan penelitian terbaru ada sekitar empat ribu lebih agama yang ada didunia. Agama dideskripsikan sebagai sistem kepercayaan atau pemujaan terhadap kekuatan yang lebih tinggi.
Berdasarkan pandangan World Population Review, mereka yang memiliki agama selalu percaya ada yang lebih kuat. Tuhan atau dewa-dewa, misalnya. Kepercayaan itu bergantung pada agama yang dianut. Seperti dilansir dari laman detik.com Minggu (07/11).

Dalam situs ini ditulis, agama merupakan sistem organisasi, tingkah laku, kepercayaan, pandangan atas dunia, tempat suci, perkiraan, etika, moral, dan pemikiran yang ditulis.

“Dalam pandangan masyarakat umum, agama merujuk pada ketuhanan, sesuatu yang suci, atau spiritual,” catat laman tersebut.

Kira-kira, ada 85 persen identifikasi di dunia dilakukan dengan agama. Kristen adalah agama terbesar di dunia dengan pemeluk 33 persen dari total populasi di dunia. Peringkat selanjutnya ada Islam yang dianut 24 persen populasi dunia.

Pada data World Population Review juga dikatakan ada 1,2 miliar orang di dunia yang tidak menganut agama. Mereka juga menganut ateisme yang diterapkan dalam kehidupannya.

Agama Terbesar di Dunia 2021
Daftar ini juga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi setiap orang. Simak juga negara mana saja yang menjadi konsentrasi agama-agama tersebut.

1. Kristen
Agama terbesar di dunia 2021 adalah Kristen. Agama yang dianut hampir 2,4 miliar orang ini menurut World Population Review terbagi menjadi teologi Barat dan Timur.

Baca Juga:  Takmir Masjid Wajib Tampilkan Penceramah Baik dan Bawa Ajaran Agama Yang Sejuk

Kristen mempunyai enam cabang yang dipilih tiap pemeluknya. Cabangnya adalah Catholicism, Protestantism, Eastern Orthodoxy, Anglicanism, Oriental Orthodoxy, dan Assyrians.

Di negara-negara berikut ini, jumlah pengikut Kristen mencapai angka 93 persen:
Kepulauan Samoa
Armenia
Barbados
Timor Timur
El Salvador
Yunani
Kiribati
Malta
Marshall Islands
Micronesia
Papua New Guinea
Paraguay
Peru
Romania
Samoa
San Marino
Tonga
Venezuela.
2. Islam
Jumlah pemeluk Islam di Maldives, Arab Saudi, dan Mauritania berkisar 100 persen. Di bawah mereka, ada 13 negara dengan jumlah muslim 95 persen total populasinya.

Muslim dalam artikel ini merujuk pada sunni dan syiah. Ini daftar negara-negara tersebut:
Afghanistan
Algeria
Comoros
Iran
Irak
Libya
Maroko
Pakistan
Somalia
Sudan
Tunisia
Turki
Yaman.
Data pada World Population Review juga mencatat 50 negara yang mayoritas penduduknya muslim. Yang dimaksud dengan mayoritas adalah jumlah populasi muslim yang mencapai 50 persen total penduduk.

3. Hindu
Agama Hindu menyebar ke seluruh dunia melalui Asia Tenggara. Asalnya dari subkontinen India dan dipandang sebagai darma atau cara hidup.

Ada empat bagian utama agama Hindu. Mereka adalah Shaktism, Vaishnavism, Smartism, dan Shaivism.

Pengikut agama Hindu terbesar ada di India dan jumlahnya mencapai 1,053 milair orang. Ini diikuti Nepal dengan rasio 81,3 persen. Daftar negara dengan pemeluk agama Hindu terbesar lainnya adalah:

Bangladesh
Indonesia
Pakistan
Sri Lanka
Amerika
Malaysia
Inggris
Mauritius.
4. Buddha
Agama Buddha dianut sekitar 507 juta orang di seluruh dunia. Agama ini berasal dari India berdasarkan ajaran Sang Buddha. Adapun, China memiliki jumlah pemeluk Buddha terbanyak di dunia.

Di China penganutnya kira-kira mencapai 244 juta. Jumlah itu diikuti Thailand sebesar 64,4 juta, dan Jepang 45,8 juta.

Baca Juga:  Perkuat Persatuan Agar Indonesia Yang Indah dan Damai Selalu Abadi

Dari segi persentase Kamboja adalah yang tertinggi, yakni sebesar 96,9 persen. Lalu, diikuti Thailand sebesar 93,2 persen dan Myanmar 87,9 persen.

5. Agama Lain
Di sejumlah negara lain, agama tradisional China masih dipraktikkan. Konfusianisme dan Taoisme masih diterapkan di negara-negara ini:
China
Hong Kong
Makau
Taiwan.
Agama tradisi wilayah itu juga dipraktikkan sejumlah negara yang lain. Contohnya adalah Guinea-Bissau dan Haiti yang penganutnya sebesar 50 persen.

Negara-negara lain yang mempraktikkan agama asli adalah:
Benin
Burundi
Kamerun
Pantai Gading
Sudan
Togo.

Di samping agama-agama di atas, ateisme juga diterapkan masyarakat di beberapa negara. Penganut ateisme terbanyak ada di Estonia, Republik Ceko, dan Jepang. Jumlah mereka 75 persen populasi.

Negara lainnya dengan jumlah ateisme terbanyak adalah:
Denmark
Prancis
Hong Kong
Makau
Norwegia
Swedia
Vietnam.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

dr Fauzia Gustarina Cempaka Timur S IP M Si

Celah Intoleransi Dalam Beragama Diincar Kelompok Radikal Untuk Sebarkan Virus Radikalisme

Jakarta – Kelompok radikal selalu berupaya memanfaatkan berbagai cara untuk menyebarkan virus radikalisme. Salah satunya …

RDP Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan Komisi VIII DPR RI

Dai Harus Miliki Strategi Metode Dakwah yang Menitikberatkan Wawasan Keberagamaan dan Kebangsaan

Jakarta – Sertifikasi penceramah atau dai dilakukan demi meningkatkan pemahaman moderasi beragama kepada kalangan dai …