ribu jemaah memulai rangkaian ibadah haji di tengah pandemi
ribu jemaah memulai rangkaian ibadah haji di tengah pandemi

Covid- 19 Melandai, Arab Saudi Tetapkan Jumlah Jemaah Haji Tahun Ini 1 Juta

Jakarta – Arab Saudi pada tahun 2022 akan menaikkan jumlah jamaah haji dari 60 ribu menjadi 1 juta jamaah. penambahan kuota diperuntukkan bagi seluruh jamaah atau peziarah, baik warga Arab Saudi sendiri dan juga peziarah dari luar negeri.

Penambahan kuota dari Kementeria Haji dan Umrah Arab Saudi menjadi berita menggembirakan bagi negara-negara yang mempunyai jumlah daftar tunggu haji cukup banyak, termasuk juga bagi jamaah asal Indonesia, meski semua bergantung dari kuota yang diberikan oleh Arab Saudi untuk Indonesia.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com Sabtu, (9/2/2022). “Kementerian Haji dan Umrah telah memberikan wewenang kepada 1 juta jemaah, baik asing maupun domestik, untuk melakukan ibadah haji tahun ini,” ujar Kementerian Haji dan Umrah dalam sebuah pernyataan.

Namun demikian, jemaah yang diperbolehkan untuk melakukan ibadah haji harus memenuhi sejumlah syarat. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi hanya memperbolehkan jemaah berusia di bawah 65 tahun untuk melakukan ibadah haji.

Selain itu, seperti dikutip dari Reuters, para peziarah juga harus sudah mendapatkan vaksin lengkap.

Untuk jemaah dari luar Arab Saudi, syarat lain yang harus dipenuhi adalah hasil tes PCR yang menyatakan negatif.

Sebelumnya, kuota jemaah haji dibatasi hanya sebanyak 60 ribu orang. Pembatasan dilakukan demi upaya pencegahan penularan SARS-CoV-2 alias virus corona penyebab Covid-19.

Media lokal, Haramain, sempat menjabarkan sejumlah aturan yang kabarnya akan diterapkan dalam penyelenggaraan haji di 2021.

Aturan-aturan ini antara lain, jemaah yang berangkat haji harus berusia 18-60 tahun, sehat dan tidak pernah dirawat di rumah sakit karena sakit apapun selama 6 bulan sebelum keberangkatan. Jemaah pun harus sudah vaksin Covid-19 dan membawa kartu vaksin resmi dari pemerintah negara asal atau rumah sakit.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  ISIS Serukan Pendukunganya Serang Arab Saudi

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

raker penyelenggaraan ibadah haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas Minta Santri Semangat Menuntut Ilmu Dan Lawan Kebencian Terhadap Santri Dengan Prestasi

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada para santri untuk terus menuntut ilmu secara sungguh-sungguh, …

Sarasehan Penguatan Moderasi Beragama BNPT dan UMY

Cegah Virus Radikal Terorisme di Sekolah, BNPT Perkuat Moderasi Beragama Guru SMA/SMK se-DIY

Yogyakarta – Generasi Z dan generasi milenial antara usia 14-39 tahun menjadi generasi yang paling …