c ddf c ebbbbabb
c ddf c ebbbbabb

Berikut Penjelasan Ustaz Yusuf Mansur Tentang Dalil Sholat 5 Waktu dalam Al Qur’an dan Hadits

Jakarta – Polemik tentang pernyataan Ade Armando yang mengatakan bahwa tidak ada perintah salat 5 waktu dalam al-quran masih terus mendapatkan respon dari berbagai Ormas dan tokoh ulama. Semua berusaha meluruskan secara benar agar tidak salah dikomsumsi oleh umat.

Jika ditelan secara mentah-mentah maka pernyataan Ade Armando akan membawa seseorang pada kekeliruan, karena pernyataan tersebut tidak dijelaskan secara rinci, terlebih Ade Armando bukan seorang ulama yang mempunyai kafabilitas untuk berbicara agama, maka memang sebaiknya tidak melontarkan pernyataan yang bukan menjadi kafasitasnya.

Agar tidak terjadi kekeliruan dan perdebatan yang semakin meruncing, Pengasuh Pondok Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an (DaQu) Ustaz Yusuf Mansur menjelaskan dalil sholat lima waktu yang ada di dalam Al Quran dan hadits. Menurut dia tak ada perbedaan tentang kewajiban sholat 5 waktu dalam sehari semalam di kalangan umat Islam.

“Kewajiban sholat 5 waktu ini pula adalah salah satu rukun dalam Islam dan diketahui oleh semua kalangan, sehingga tidak boleh ada satu pun muslim yang mengingkari kewajiban sholat tersebut,” kata Ustaz Yusuf Mansur dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip dari laman detik.com Sabtu 6 November 2021.

Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an Surat An Nisa’ : 103

فَأقَِيمُوا الصَّلََةَ إِنَّ الصَّلََةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Artinya: Maka laksanakanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. (QS. An Nisa’ : 103)

Menurut Ustaz Yusuf Mansur mengacu pada ayat tersebut, berarti bahwa kewajiban sholat 5 waktu itu telah ditentukan waktu-waktunya. Lantas di ayat-ayat lain, Allah pun menerangkan waktu-waktu yang diwajibkan untuk sholat. Yaitu sebagaimana berikut:

1. Sholat Subuh disebutkan di QS. An Nur: 58
2. Sholat Zuhur disebutkan di QS. Al Isra’ : 78
3. Sholat Asar disebutkan di QS. Qaf : 39
4. Sholat Magrib disebutkan di QS. Hud : 114
5. Sholat Isya disebutkan di QS. An Nur: 58

Baca Juga:  Sedang Dirawat, Ustaz Yusuf Mansyur : Hujatan dan Makian Adalah Doa

Sahabat Abdullah bin ‘Abbas ra pernah ditanya tentang keberadaan sholat 5 waktu di dalam Al Qur’an.

عَ نْ أ بِي رَ زِين، قَالَ : سَ ألََ نَا فِع بن الْ زْ رَ قِ ا بنَ ع بَّا س : هَ ل تَ ج د مِ ي قَاتِ الصَّ لَوَ اتِ
ا ل خمْ سِ فِي كِ تَابِ الل ؟ قَالَ : نَع مْ } فَسُبْحانَ ه اللِّ حِينَ تُمْسُوْ نَ { ا لمَ غْ رِ بَ } وَحِينَ
تُصْبِحُونَ { ا ل فَ جرَ } وَعَشِيًّا { ا لع صْ رَ } وَحِينَ تُظْهِرُونَ { ال ظ هْ رَ ، قَالَ : وَ مِ نْ بَعْ د
صَ لََ ة ا لعِ شَ اءِ ثَلََ ثُ عَوْرَ ا ت لَكُ مْ .

Dari Abu Razin, dia berkata: Nafi’ bin Azraq bertanya kepada Ibnu ‘Abbas ra: Apakah kamu menemukan ketentuan sholat 5 waktu disebutkan dalam Al Qur’an? Beliau menjawab:
Ya; [Maka bertasbihlah mensucikan Allah pada petang hari] Shalat Magrib. [dan pada pagi hari] Shalat Subuh. [Dan pada penghujung hari] Shalat Asar. [dan pada waktu zuhur] shalat Zuhur. (QS. Ar Ruum : 17-18). Beliau membaca ayat lagi : [dan setelah shalat Isya. (Itulah) tiga aurat (waktu) bagi kamu.] Shalat Isya. (QS. An Nuur: 58)

Disebutkan juga dalam Riwayat lain:

عَ نْ ا ب ن عَ بَّا س ، قَالَ : جمَ ع تْ هَ ا تَانِ الْ يَ تَا ن مَ وَ ا قِ يتَ الصَّ لََ ةِ } فَسُبْحانَ ه اللِّ حِينَ
تُمْسُونَ { قَالَ : ا لمَ غْ رِ بَ وَ ا لعِ شَ اءَ } وَحِينَ تُصْبِحُونَ { ا ل فَ جرَ } وَعَشِيًّا { ا لع صْ رَ }
وَحِينَ تُظْهرُونَ { ال ظهْ رَ

Baca Juga:  Gereja Katolik dan Non-Muslim Austria Kritik dan Tolak Peta Islam

Dari Ibnu ‘Abbas beliau berkata:

Dua ayat ini, menghimpun seluruh waktu sholat wajib: [Maka bertasbihlah mensucikan Allah pada petang hari] Dia berkata: Maksudnya adalah Sholat Magrib dan Isya. [dan pada pagi hari] Shalat Subuh. [Dan pada penghujung hari] Shalat Asar. [dan pada waktu zuhur] shalat Zuhur. (QS. Ar Ruum: 17-18)

Disebutkan juga dalam hadits shahih yang menguatkan hal itu:

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَِّّ صَلَّى اللَُّّ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ، « : رَ وَ ى طَ ل حة بنُ عُ بَ يدِ ه اللّ ، قَالَ
فَإِذَا هُوَ يَسْألَُ عَنِ الِْْسْلََمِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَِّّ صَلَّى اللَُّّ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ: خَمْسُ صَلَوَا ت
فِي الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ، فَقَالَ : هَلْ عَلَيَّ غَيْرُهَا؟ فَقَالَ: لََ، إِلََّ أَنْ تَطَوَّ ع

Diriwayatkan oleh Thalhah bin Ubaidillah, dia berkata: Seseorang mendatangi Rasulullah Saw, dia bertanya tentang Islam. Lalu Rasulullah Saw bersabda: Sholat 5 waktu sehari semalam. Pria itu bertanya: Apakah saya diwajibkan shalat selain itu? Nabi menjawab: Tidak, kecuali sekadar sunnah. (HR. Bukhari : 2678, dan Muslim: 11)

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

undangan non muslim

Fikih Toleransi (6): Menghadiri Undangan Non Muslim

Toleransi yang sejatinya merupakan ajaran Islam mulai menipis, bahkan dianggap bukan ajaran Islam. Ini terjadi …

toleransi

Khutbah Jumat – Islam dan Toleransi

Khutbah Pertama اَلْحَمْدُ لله الَذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ وَهَدَانَا إلَى صِرَاطِ الْمُسْتَقِيْمِ صِرَاطِ الَذِيْنَ …