Makarim WIbisono
Makarim WIbisono

Proposal Perdamaian Versi Donald Trump Kubur Mimpi Palestina Jadi Negara Merdeka

Jakarta – Mantan Duta Besar Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Makarim Wibisono menilai proposal damai versi Trump sangat menguntungkan Israel. Ia menyayangkan visi Trump ini mengubur mimpi Palestina untuk menjadi negara merdeka dan berdaulat dengan ibu kota Yerusalem Timur dan batas wilayah sebelum Perang Enam Hari pada Juni 1967.

“Ini bukan win-win solution karena concern-concern Palestina yang tercermin di dalam Perjanjian Oslo tidak tampak di situ (proposal damai versi Trump). Ini semacam langkah-langkah baru di mana concern dari Israel itu mendapat tempat yang kokoh,” ujar Makarim dikutip dari laman voaindonesia.com.

Makarim yang juga mantan pelapor khusus PBB mengungkapkan penyelesaian konflik Palestina-Israel yang ideal adalah berdasarkan Perjanjian Oslo yang ditandatangani pada 1993 oleh pemimpin PLO (Organisasi Pembebasan Palestina) Yaser Arafat dan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin. Dia meyakini gagasan damai bikinan Trump tidak akan menyelesaikan persoalan antara Palestina dan Israel.

Dalam Perjanjian Oslo, PLO mengakui keberadaan negara Israel dan Israel mengakui PLO sebagai perwakilan rakyat Palestina. Perjanjian ini menghasilkan Otoritas Palestina yang berwenang memerintah di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Meski begitu, Perjanjian Oslo gagal melahirkan negara Palestina merdeka dan berdaulat.

Menurut Makarim, Palestina tidak terlalu tertarik pada janji proyek ekonomi senilai US$ 50 miliar yang diprediksi bisa menghasilkan sejuta lapangan kerja dan menambah produk domestik bruto Palestina hingga dua atau tiga kali dari yang sekarang. Sebab, Palestina membutuhkan hal prinsip yakni menjadi negara merdeka dan berdaulat dengan ibu kota Yerusalem Timur.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Tiga Bentuk Investasi Akhirat

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

akhlak karimah

Khutbah Jumat – Menyelamatkan Generasi Muda Dari Virus Radikalisme

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …