puasa sya'ban
puasa syaban

Puasa Sya’ban : Ibadah Sunnah yang Tidak Pernah Ditinggalkan Rasulullah

Bertepatan dengan 4 Maret 2022, umat Islam memasuki bulan yang istimewa, bulan Sya’ban. Bulan Sya’ban merupakan salah satu bulan yang diagungkan dalam Islam. Banyak sekali keberkahan dan beragam kebaikan yang terkandung di bulan ini. Dan tentu saja, bulan ini ada persiapan menuju bulan ramadan yang penuh berkah dan ampunan.

Terdapat salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan di bulan ini. Ibadah ini didasarkan pada hadist dari Sayyidah Aisyah :

وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُ فِى شَهْرٍ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِى شَعْبَانَ

“Aku tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa selama satu bulan kecuali pada bulan Ramadlan, dan aku tidak pernah melihat beliau banyak berpuasa di bulan-bulan lain dibandingkan bulan Sya’ban”.

Pada hadits lainnya ‘Aisyah mengatakan:

لَمْ يَكُنِ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ

Artinya: “Nabi tidak biasa berpuasa pada satu bulan yang lebih banyak dari bulan Sya’ban. Nabi biasa berpuasa pada bulan Sya’ban seluruhnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan dua hadist tersebut, puasa Sya’ban merupakan ibadah yang tidak ditinggalkan sedikitpun oleh Rasulullah. Beliau menghabiskan keseluruhan bulan ini dengan ibadah puasa.

Tata Cara dan Niat Puasa Sya’ban

Puasa Sya’ban tentu saja sama dengan puasa sunnah dan wajib lainnya. Rukun dan syarat juga harus terpenuhi sebagaimana puasa lazimnya. Termasuk salah satunya adalah persoalan niat.

Niat puasa adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

“Aku berniat puasa sunnah Sya‘ban esok hari karena Allah.”

Semoga kita bisa memanfaatkan bulan ini dengan amalan yang baik dan mempersiapkan diri untuk menyambut bulan agung Ramadan. Amin

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Dai adalah Pemberi Nasehat, Bukan Pelaknat

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

calon jamaah haji maktour mengikuti pemeriksaan kesehatan di rs

Vaksin Meningitis Tidak Lagi Diwajibkan, Kemenag Koordinasi dengan Saudi

JAKARTA – Vaksin Meningitis telah menjadi salah satu syarat utama dalam perjalanan Umrah dan Haji …

alquran

Begini Penjelasan Imam Syafii Saat Ditanya Apakah Alquran Makhluk Allah SWT

JAKARTA- Islam merupakan agama yang selalu mengajarkan perdamaian dan kejujuran diatas segalanya, namun bukan berarti …