Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar
Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar

Resmi, MUI Tolak Pengunduran Diri KH MIftachul Akhyar

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi menolak pengunduran diri ketua umumnya, KH Miftachul Akhyar. Penolakan itu didasarkan bahwa MUI masih butuh sosok KH Miftachul Akhyar untuk memperkuat umat.

Keputusan penolakan itu didapat berdasarkan rapat pimpinan MUI pada Selasa (15/3/2022). Hasil rapat menegaskan bahwa KH Miftachul Akhyar masih tetap menjabat sebagai Ketua Umum MUI.

“Surat permohonan pengunduran diri Ketum MUI udah di bahas dalam Rapim (15/3), secara aklamasi dan mufakat beliau diputuskan tetap sebagai ketua umum,” ujar Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan dikutip dari laman detikcom, Rabu (16/3/2022).

Selain alasan diatas, kata Amrisyah, slasan lain ditolaknya pengunduran diri KH Miftachul Akhyar karena saat ini umat tengah menghadapi pemulihan ekonomi. Ia juga mengungkapkan bahwa penolakan diambil dengan mempertimbangkan dan melihat kondisi umat saat ini.

“Artinya permohonan mundur sebagai ketum MUI tidak terima atau ditolak karena amanah Munas MUI X beliau memimpin MUI 2020-2025,” tuturnya.

Ditolaknya permohonan ketua MUI mengundurkan diri karena sosoknya dinilai masih dibutuhkan. Miftachul Akhyar masih dibutuhkan untuk mempersatukan umat. Terlebih saat ini umat tengah menghadapi pemulihan ekonomi. Kepribadiannya yang rendah hati dan mengayomi dinilai pantas  memimpin umat.

“Sebagai ulama yang rendah hati, tawadu’ dan mengayomi beliau sebagai pemimpin umat baik sebagai Rais Am di NU, maupun di MUI dibutuhkan untuk mempersatukan umat di tengah suasana umat dan bangsa menghadapi pemulihan ekonomi semoga Allah menyelamatkan bangsa Indonesia dari persoalan ekonomi, politik sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, damai dan sukses Aamin,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Umum MUI Miftachul Akhyar telah mengirimkan surat pengunduran diri dari jabatan Ketua Umum MUI. Alasan pengunduran itu  karena ketidakinginannya dalam merangkap jabatan. Dia mengaku tidak ada paksaan atau tekanan dalam pengunduran dirinya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Teroris ISIS Serang Kilang Minyak Di Afrika, Ratusan Orang Terjebak di Hotel

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

akhlak karimah

Khutbah Jumat – Menyelamatkan Generasi Muda Dari Virus Radikalisme

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …