Masjid di Nigeria diserang teroris bersenjata saat digelar Salat Jumat
Masjid di Nigeria diserang teroris bersenjata saat digelar Salat Jumat

Salat Jumat Diserang Teroris Bersenjata di Nigeria, 15 Jamaah Tewas

Abuja- Aksi biadab terjadi di di negara bagian Zamfara, Nigeria barat laut, Jumat (23/9/2022). Sebuah masjid yang tengah menggelar Salat Jumat, diserang teroris bersenjata. 15 jamaah pun ditemukan tewas.

Dikutip dari Reuters, serangan di wilayah Bukkuyum itu terjadi saat salat Jumat di masjid pusat Jumu’at di kota Ruwan Jema. Keterangan itu didapat dari tiga warga setempat.

“Para bandit bersenjata datang dengan sepeda motor sambil memegang senjata mereka dan langsung bergerak ke masjid dan mulai menembak kami secara sporadis,” kata Amimu Mustapha, seorang warga setempat.

Warga lain yang meminta untuk tidak disebutkan namanya mengatakan serangan itu terjadi sekitar pukul 2 siang waktu setempat, dan menambahkan ada banyak orang lain yang terluka.

Juru bicara polisi negara bagian Zamfara tidak segera menanggapi panggilan atau pesan teks yang berusaha mengkonfirmasi laporan warga.

Pada Agustus lalu, warga Ruwan Jema mengatakan mereka memberi bandit 9 juta naira (Rp31 juta), bensin dan rokok dengan janji tidak akan melakukan teror.

Geng pria bersenjata lengkap, yang dikenal secara lokal sebagai bandit, telah mendatangkan malapetaka di barat laut Nigeria dalam dua tahun terakhir. Mereka menculik ribuan, membunuh ratusan dan membuat wilayah tidak aman untuk bepergian melalui jalan darat.

Serangan-serangan itu telah membingungkan pasukan keamanan. Militer pekan lalu memperingatkan penduduk di Zamfara dan dua negara bagian lainnya untuk meninggalkan kawasan hutan menjelang serangan bom yang menargetkan bandit dan teroris.

Seperti diketahui, kelompok teroris Boko Haram yang berafiliasi dengan Al Qaeda serta ISIS Asia Barat (Iswap) terus bergentayangan dengan teror-teror mematikan.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Rakernas FKUB di Palu

Tingkatkan Kerukunan dan Harmonisasi Umat, Moderasi Beragama Direkomendasikan Masuk Kurikulum Pendidikan Nasional

Palu –  Moderasi beragama perlu dimasukkan dalam kurikulum pendidikan nasional untuk diajarkan di semua satuan …

icmi akan terus berperan sebagai pelopor aksi transformasi bangsa

Ketua ICMI: ICMI Akan Bekerja Atas Nafas Keislaman dan KeIndonesiaan

JAKARTA – Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) akan terus menjadi salah satu organisasi yang menginspirasi …