menyambut muharram
Selamat Tahun Baru Muharram

Sambut Tahun Baru 1 Muharram Dengan Banyak Dzikir, Doa, Munajat, dan Berpuasa

Jakarta – Tahun Baru 1 Muharram segera tiba. Tahun 2021, Tahun Baru 1 Muharram akan jatuh pada Rabu (11/8/2021). Seperti Tahun Baru Masehi, umat Islam juga merayakan Tahun Baru 1 Muharram dengan berbagai tradisi dan perayaan sebagai tanda bersyukur atas nikmat dan berkah hidup yang telah diberikan Allah SWT.

“Mari kita rayakan tahun baru Islam dengan memperbanyak dzikir, doa, dan munajat, bahkan berpuasa. Semoga Covid-19 dengan beraneka variannya cepat berlalu dan negeri yang kita cintai ini dapat segera pulih dan bangkit,” ujar Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Abdul Manan Ghani dikutip dari laman Republika.co.id, Jumat (6/8/2021).

Ia mengungkapkan bahwa bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan yang dimuliakan (haram) dalam Alquran. Karena itu, menandai datangnya awal tahun baru 1 Muharram, selain merayakannya dengan kegembiraan, umat juga diajak bermuhasabah, mensyukuri bertambahnya umur, nikmat sehat, dan masih berkesempatan hidup dengan baik.

“Dunia adalah tempat mendulang amal sholeh, maka manfaatkan kesempatan ini mengintrospeksi diri dan meningkatkan keimanan kita,” imbuhnya.

Seperti diketahui, peringatan Tahun Baru Islam ditandai dengan perjalanan dakwah Rasulullah dari Mekah ke Madinah. Awal perjalanan ini dipatenkan pada masa Umar bin Khattab RA sebagai 1 Muharram atau awal tahun Islam.

Mengutip sabda Rasulullah SAW, kebanyakan manusia tertipu dengan dua kenikmatan, yaitu sehat dan kesempatan (peluang). Melalui muhasabah, manusia dapat disadarkan dan terhindar dari tipu muslihat yang menyesatkan.

“Semoga dengan muhasabah kita bisa gunakan kesempatan yang akan datang untuk lebih baik,” pungkasnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Puasa Ajarkan Umat Berbuat Bijak, Bisa Kendalikan Diri, dan Junjung Tinggi Toleransi

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT di UIN Serang

Perguruan Tinggi Islam Berperan Penting Sebarkan Moderasi Beragama Kepada Mahasiswa

Serang – Perguruan Tinggi Islam berperan penting dalam menyebarkan moderasi beragama kepada para mahasiswa. Hal …

menko polhukam mahfud md memberikan keterangan kepada wartawan terkait

Buka Kongres IPNU dan IPPNU, Menko Mahfud MD: Minta Jaga Wasthiyah Islam

JAKARTA – Islam wasathiyah (moderat) menjadi salah satu jalan untuk menjaga kebersamaan setiap elemen bangsa, …