shalat saat adzan
adzan

Shalat Saat Adzan Dikumandangkan?

Tujuan azan adalah untuk memanggil umat shalat berjamaah, sekaligus penanda waktu shalat telah tiba. Seperti ditulis oleh Imam Nawawi dalam Minhajut Thalibin sebagian ulama mengatakan hukumnya sunnah, sebagian yang lain mengatakan fardhu kifayah. Sedangkan hukum menjawab azan hukumnya sunnah.

Di antara kita mungkin pernah melakukan shalat saat azan masih berlangsung. Karena sibuk dan terburu-buru atau karena faktor lain. Misalnya, sedang dalam perjalanan bersama rombongan karena khawatir ditinggal oleh kendaraan yang ditumpangi.

Bagaimana hukum shalat saat azan masih dikumandangkan? Apakah shalatnya sah atau tidak?

Dalam kitab Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu kalangan madhab Syafi’i berpendapat seseorang yang masuk ke masjid sementara adzan masih dikumandangkan hendaklah tidak melakukan shalat Tahiyyatul Masjid atau shalat yang lain, tetapi tetap berdiri dan menjawab adzan. Hal ini supaya mendapatkan pahala menjawab adzan sekaligus pahala shalat Tahiyyatul Masjid.

Pendapat ini tidak tegas menjawab apakah shalat saat adzan berlangsung sah atau tidak. Hanya anjuran supaya mendapatkan dua pahala ibadah sekaligus. Pahala menjawab adzan dan pahala shalat sunnah Tahiyyatul Masjid.

Imam Ahmad bin Hanbal berpendapat shalat saat adzan masih berkumandang hukumnya tetap sah. Tidak makruh apalagi haram.

Namun yang lebih utama menurut Imam Nawawi dalam Al Majmu ‘Syarah al Muhadzdzab mengutip pendapat al Atsram. Al Atsram pernah mendengar Abu Abdillah ditanya tentang seseorang yang shalat saat adzan.dan dia ruku’ sebelum adzan selesai. Menurut Abu Abdillah dianjurkan ruku’ setelah adzan selesai atau hampir selesai. Hal ini karena setan lari saat adzan dikumandangkan sehingga tidak pantas ketika seseorang shalat saat adzan sehingga tidak menjawab adzan. Yang paling utama adalah menunggu adzan selesai kemudian shalat. Namun seandainya dia shalat saat adzan berlangsung shalatnya tetap sah seperti dikatakan oleh Imam Ahmad.

Baca Juga:  Cara Menyucikan Najis Pakaian yang Dicuci dengan Mesin Cuci

Kesimpulannya, boleh saja kita shalat saat adzan dikumandangkan karena ada maslahat atau hajat tertentu, shalat tetap sah. Akan tetapi, lebih utama kalau menjawab adzan dulu sampai selesai supaya mendapatkan pahala menjawab adzan dan pahala shalat sekaligus.

Bagikan Artikel ini:

About Nurfati Maulida

Avatar of Nurfati Maulida

Check Also

hilangnya Hajar Aswad

Kisah Hilangnya Hajar Aswad di Musim Haji

Pada tahun 317 H Abu Thahir Sulaiman, pemimpin gerakan Qaramithah, memberontak terhadap kepemimpinan Khilafah Dinasti …

bersetebuh dengan hewan

Kisah Ahli Ibadah Bersetubuh dengan Hewan

Beberapa hari yang lalu viral berita seorang laki-laki yang menikah dengan kambing. Prosesi pernikahan berlangsung …