ISIS Afghanistan
ISIS Afghanistan

Taliban Rebut Afghanistan, PBB: ISIS Perluas Ancaman

New York – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan internasional dari kelompok ekstremis Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) meningkat. Itu menunjukkan perluasan afiliasi ISIS yang mengkhawatirkan di Afrika dan fokus pada kembalinya kelompok yang sebelumnya menyatakan diri “kekhalifahan” di Suriah dan Irak itu.

Hal itu terungkap dari sebuah laporan baru Wakil Sekjen PBB untuk urusan kontra-terorisme, Vladimir Voronkov kepada Dewan Keamanan di Markas Besar PBB New York, Kamis (19/8/2021). Ia menyampaikan laporan itu juga mencatat bahwa ISIS telah memperluas kehadirannya di Afghanistan.

“Kita perlu memastikan Afghanistan tidak akan lagi digunakan sebagai tempat bersarangnya terorisme global. Ancaman ISIS terhadap perdamaian dan keamanan internasional selama periode penelitian (untuk laporan ini) tetap signifikan dan stabil selama enam bulan terakhir, meningkatkan kekhawatiran internasional yang serius,” ujar Voronkov.

Laporan kepada Dewan Keamanan PBB itu menjelaskan ISIS dan kelompok teroris lainnya memperoleh keuntungan dari sejumlah “gangguan, kemalangan dan kemunduran dalam pembangunan” yang disebabkan pandemi Covid-19, baik di lapangan maupun daring. Sementara beberapa lockdown di daerah-daerah yang tidak mengalami konflik menekan aktivitas teroris, di sejumlah daerah konflik di mana aturan pembatasan pandemi kurang berdampak, ancaman ISIS sekarang “mengalami peningkatan,” kata Vladimir Voronkov.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Orang Islam Harus Menyayangi & Menghormati Sesama Manusia

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Dr KH Adnan Anwar

Membangun Kebanggaan Nasional untuk Lawan Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme

Jakarta – Semangat nasionalisme pada Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menandakan rumusan identitas kebangsaan yang tidak …

uas ditolak masuk singapura berikut hal yang diketahui sejauh ini

Ormas Perisai Pendukung UAS Demo Kedubes Singapura Siang Ini

Jakarta – Penolakan Pemerintah Singapura terhadap Ustadz Abdul Somad (UAS) yang hendak memasuki wilayah Singapura …