Buku Biologi Kelas XII kiri dan Harun Yahya kanan
Buku Biologi Kelas XII kiri dan Harun Yahya kanan

Teori Pendakwah Terpidana 1.075 Tahun Penjara asal Turki Dimuat Buku Pelajaran Biologi Kelas XII

Jakarta – Viral di media sosial teori Harun Yahya atau Adnan Oktar disebut dimuat dalam buku pelajaran Biologi untuk kelas XII SMA dan MA. Harun Yahya adalah pendakwah dan penulis buku asal Turki yang baru saja divonis penjara 1.075 tahun penjara karena kasus pemerkosaan dan kejahatan lainnya.

Dikutip dari detikcom, Selasa (12/1/2021), soal teori Harun Yahya yang dimuat dalam buku pelajaran Biologi untuk kelas XII SMA dan MA di-posting salah satu pengguna Twitter sebelum ramai diperbincangkan. Dalam cuitan itu, ada empat tangkapan layar mengenai isi buku pelajaran biologi kelas XII SMA dan MA yang diunggah.

Tangkapan layar isi buku itu disebut diambil dari situs bsd.pendidikan.id. Keterangan terkait teori Harun Yahya itu terdapat di salah satu dari empat tangkapan layar isi buku pelajaran biologi itu.

Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud, Maman Faturohman buka suara terkait kabar viral itu. Ia mengatakan informasi soal buku resmi pemerintah hanya ada di situs buku.kemdikbud.go.id.

“Buku resmi pemerintah hanya bersumber https://buku.kemdikbud.go.id. Informasi yang beredar tersebut sepertinya berasal dari sumber lain: BSD.Pendidikan.id,” kata Maman saat dikonfirmasi, Selasa (12/1/2021).

Dengan demikian, ia mengatakan selain di situs buku.kemdikbud.go.id bukan buku resmi dari pemerintah. Ia juga meminta masyarakat hanya mengakses buku pelajaran yang ada di situs buku.kemdikbud.go.id.

“Masyarakat diharapkan hanya menggunakan buku-buku yang senantiasa di-update/perbaiki/atau revisi terbaru dari https://buku.kemdikbud.go.id,” sebutnya.

Ia juga menjelaskan Kemdikbud secara berkala terus melakukan perbaikan konten-konten buku yang ada di situs buku.kemdikbud.go.id. Tak hanya itu, ia mengatakan pihaknya akan melakukan penertiban terhadap situs-situs yang memuat buku-buku pelajaran tanpa izin.

“Kemendikbud sedang berusaha menertibkan berbagai website yang menyimpan berbagai buku pemerintah tanpa izin tertulis. Apabila masyarakat ingin menyimpan buku-buku agar selalu update/mirror ke https://buku.kemdikbud.go.id untuk referensi/update terbaru,” tuturnya

Baca Juga:  Frasa Agama Hilang di Peta Pendidikan, Ini Reaksi Wapres

Sebelumnya, akun Twitter @Sam_Ardi mengunggah empat foto yang menampilkan BSE mata pelajaran biologi untuk kelas XII memuat pandangan Harun.

“Tak kira guyonan Harun Yahya masuk BSE Diknas, ternyata beneran ada,” kata @Sam_Ardi, Senin (11/1/2021).

Dari penelusuran terhadap buku itu, materi soal Harun Yahya ada di halaman 222. Dalam kotak bertuliskan eksperimen plus, murid diminta untuk merangkum secara berkelompok setiap bab buku tentang keruntuhan evolusi yang disusun oleh Harun Yahya. Setelahnya murid diminta untuk mendiskusikannya.

Sebelumnya, Harun Yahya divonis penjara 1.075 tahun oleh hakim Pengadilan Turki pada Senin (11/1/2021). Harun terbukti melakukan kekerasan dan pelecehan seksual terhadap orang di bawah umur. Ia juga terbukti melakukan penipuan dan mencoba memata-matai pemerintah dalam hal politik dan militer.

Sosok Oktar atau Harun Yahya pertama kali mencuri perhatian media pada 1990-an ketika menjadi pemimpin sekte yang terjebak dalam berbagai skandal seks. Akibatnya, pria berusia 64 tahun itu harus menghadapi tuntutan pidana serupa karena mendirikan organisasi kriminal.

Pria kelahiran 2 Februari 1956 itu merupakan seorang kreasionis dan menghasilkan banyak buku berisi teori konspirasi tentang kreasionisme dan freemasonry.

Dalam menulis buku-bukunya, Oktar menggunakan nama pena Harun Yahya, yang diambil dari gabungan dua nama nabi, yakni Nabi Harun dan Nabi Yahya. Salah satu bukunya adalah ‘keruntuhan evolusi’.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Pengumuman Muktamar ke NU kembali digelar ke jadwal awal Desember

PPKM Level 3 Nataru Batal, Muktamar ke-34 NU Digelar Sesuai Jadwal Semula

Jakarta – Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) akhirnya akan digelar sesuai jadwal semula, 23-25 Desember …

3 1

Mualaf Koh Asen, Hidayah Hadir Melalui Buku Seputar Alam Gaib

Jakarta — Allah SWT memberikan hidayah berupa Islam kepada siapa saja yang dikehendaki, karena Allah …