Hagia Sophia3
Hagia Sophia3

Terkait Hagia Sophia, Malaysi: Negara Yang Masih Islamophobia Tak Boleh Protes

Kualalumpur – Malaysia ikut bereaksi dengan perubahan fungsi Hagia Sophia yang dijadikan masjid oleh Pemerintah Turki. Malaysia dengan tegas meminta negara-negara yang masih memiliki Islamophobia tak boleh protes terkait perubahan tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Perwakilan Khusus Malaysia untuk Timur Tengah, Abdul Hadi Awang yang juga pimpinan Partai Islam Malaysia (PAS).

“Negara-negara ini tetap diam saat Israel ingin menghancurkan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem. Kini mereka protes saat Hagia Sophia difungsikan jadi masjid,” ujar Awang dikutip dari Daily Sabah, Sabtu (19/7/2020).

Seperti diketahui pekan lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengeluarkan dekrit tentang perubahan Hagia Sophia dari museum menjadi masjid. Keputusan itu diprotes keras oleh negara-negara yang selama ini masih Islamophobia seperti Amerika Serikat, Yunani, dan Siprus.

Sejumlah organisasi Kristen juga mengecam perubahan tersebut. Mereka menilai karena Hagia Sophia pertama kali berdiri sebagai gereja. Oleh sebab itu status sebagai museum menjadi yang terbaik bagi kedua belah pihak. Namun, di era Kesultanan Ottoman, Hagia Sophia sempat digunakan masjid.

Sejak 2018, Erdogan memang berencana untuk kembali memfungsikan Hagia Sophia sebagai masjid.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Virus Corona Membuat Kegiatan Keagamaan di Dunia Beradaptasi

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

dr Fauzia Gustarina Cempaka Timur S IP M Si

Celah Intoleransi Dalam Beragama Diincar Kelompok Radikal Untuk Sebarkan Virus Radikalisme

Jakarta – Kelompok radikal selalu berupaya memanfaatkan berbagai cara untuk menyebarkan virus radikalisme. Salah satunya …

RDP Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan Komisi VIII DPR RI

Dai Harus Miliki Strategi Metode Dakwah yang Menitikberatkan Wawasan Keberagamaan dan Kebangsaan

Jakarta – Sertifikasi penceramah atau dai dilakukan demi meningkatkan pemahaman moderasi beragama kepada kalangan dai …