Shin Tae yong
Shin Tae yong

Ternyata Salah Satu Kunci Sukses Shin Tae-yong Besut Timnas Indonesia Adalah Belajar Budaya Islam

Jakarta – Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong (STY) memang belum berhasil membawa Timnas Indonesia meraih juara AFF Suzuki Cup 2021. Tapi STY terbukti mampu mengangkat permainan Timnas Garuda.

Gelar runner-up AFF Suzuki Cup dinilai sebagai hasil yang menggembirakan. Apalagi STY berani membangun kerangka timnas dengan jajaran pemain muda. Namun dari semua itu, salah satu kunci dari keberhasilan STY ini bukan karena teknis, tapi ternyata saat dipercaya untuk arsitek Timnas Indonesia, STY lebih dulu belajar budaya Islam. STY belajar budaya Islam, karena sebagian besar pemain Indonesia beragama Islam, sehingga ia harus membuat program latihan dan nutrisi yang disesuaikan dengan syariat Islam.

Saat diresmikan menjadi Pelatih Timnas Indonesia, Desember 2019 lalu, STY langsung mengunjungi Korean Cultural Center di Jakarta. Saat itu STY mendengarkan ceramah dari pakar budaya Islam yang bertugas di sana.

Dikutip dari media asal Korea Selatan, Sportal Korea via laman okezone.com, STY mengaku mempelajari budaya Islam agar ia dapat membuat program latihan yang ideal dan tidak bentrok dengan jadwal latihan Timnas Indonesia.

“Sejak awal, saya mencoba memahami budaya Islam. Ada seorang dokter di Jakarta yang merupakan penganut agama Islam. Saya memintanya untuk bercerita soal agama Islam selama kurang lebih tiga jam,” kata Shin Tae-yong mengutip dari Sportalkorea, Jumat (7/1/2022).

“Saya belajar soal Islam dari sana, terutama bagian-bagian mana yang harus diperhatikan. Saya berjanji kepada pemain dan pelatih (lokal) untuk terus menghormati waktu beribadah mereka,” lanjut Shin Tae-yong.

“Saya juga akhirnya tahu ibadah itu bisa dilakukan pada waktu tertentu. Saya melakukannya dengan baik tanpa merasakan ketidaknyamanan dalam latihan,” tegas juru taktik 51 tahun tersebut.

Sebelumnya, kantor berita Korea Selatan, Yonhap News Agency juga mengungkapkan hal yang sama.

“Pelatih Shin Tae-yong tiba di Indonesia pada 8 Desember 2019. Fokusnya untuk memahami budaya dan karakter islami pemain-pemain Indonesia,’ tulis Yonhap.

“Sehari setelahnya, Shin Tae-yong mengunjungi Korean Cultural Center di Indonesia dan mendengar ceramah dari pakar budaya Islam. Pelatih Shin menunjukan minat aktif dengan mengajukan sejumlah pertanyaan,” lanjut Yonhap.

“Pelatih Shin bertanya, ‘Apakah pemain Indonesia berpuasa selama Ramadhan? Benarkah diizinkan jika hanya salat dua kali dari lima waktu’,” tanya Shin Tae-yong.

Selang dua tahun, STY semakin memahami karakter dan budaya Indonesia dan budaya Islam. STY fokus mengembangkan potensi sepakbola Tanah Air melalui Timnas Indonesia.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

TGB Zainul Majdi

Agama Paling Sering Didzalimi Jelang Kontestasi Politik

Surabaya – Mahasiswa dan generasi muda diminta untuk menjaga toleransi dan tidak termakan isu agama …

KH Abun Bunyamin

Gagasan Sesat Fikir, Khilafah Hanya Cara Adu Domba Untuk Tujuan Politik

Purwakarta – Kelompok pengusung ideologi khilafah selalu memanfaatkan momentum untuk dan melancarkan propagandanya. Bahkan, kondisi …