dfab
dfab

Tiga Jenis Radikalisme Menurut Mahfud MD, Dari Intoleran hingga Teror

BENGKULU – Menteri Koordinator Bidang Politik dan Hukum Prof. Dr. Mahfud MD hadir dalam kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’Tabarah An-Nadhdliyyah (JATMAN) 2022 di Provinsi Bengkulu pada Minggu (13/02/22). Pada kesempatan tersebut Mahfud MD menjelaskan ada tiga jenis radikalisme.

“Radikalisme itu satu gerakan yang ingin membongkar kesepakatan-kesepakatan bernegara dengan cara melanggar kesepakatan-kesepakatan dan tidak melalui kesepakatan. Itu radikalisme mulai dari paham dan gerakan,” ujar Mahfud. Seperti dikutip dari laman detik.com, Minggu (13/22).

Tiga jenis radikalisme

Mahfud menjelaskan, ada tiga jenis radikalisme. Pertama ialah takfiri yang artinya intoleran. Intinya ada kelompok beda pendapat dengan kelompoknya maka akan dilawan. Budaya haram, aliran lain sesat, serta menganggap orang yang tidak Islam musuh.

“Suka mengkafirkan orang menyalahkan orang. Ini takfiri,” jelasnya.

Kedua, ideologis gerakan wacana. Menurut Mahfud, gerakan ini masuk ke sekolah-sekolah, pondok pesantren. Mereka memberi wacana bahwa negara salah dan harus dibongkar, diganti ditambahi dengan dalil salah.

Lalu tingkatan radikalisme selanjutnya, kata Mahfud, yakni teror. Mereka melakukan tindakan teror seperti bom, hingga menyalahartikan kata jihad. Menurutnya, tiga jenis radikalisme ini merupakan tantangan dalam merawat NKRI.

Adapun, Munas Jatman di Bengkulu berlangsung dari tanggal 12 Maret 2022 hingga 15 Maret 2022.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin berharap Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) dapat terus menjadi pembimbing umat dalam kehidupan.

Hal itu disampaikan Wapres dalam sambutannya secara virtual, pada acara Musyawarah Nasional Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) Tahun 2022, yang disaksikan melalui kanal Youtube JATMAN Online.

 

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Islam Harus Jadi Solusi Menghadapi Berbagai Kondisi

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Syeikh Yusuf Al Qaradhawi

Innalillahi… Cendekiawan Islam Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Wafat

Jakarta – Dunia Islam kembali kehilangan salah satu cendekiawan terbaiknya. Cendekiawan Islam dan Presiden Pendiri …

Masjid di Nigeria diserang teroris bersenjata saat digelar Salat Jumat

Salat Jumat Diserang Teroris Bersenjata di Nigeria, 15 Jamaah Tewas

Abuja- Aksi biadab terjadi di di negara bagian Zamfara, Nigeria barat laut, Jumat (23/9/2022). Sebuah …