islamophobia
islamophobia

Tragedi Christchurch Diusulkan OKI Jadi Hari Solidaritas Anti-Islamophobia

Riyadh – Tragedi Christchurch yang terjadi pada 15 Maret 2019 diusulkan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) sebagai hari Solidaritas anti-Islamophobia. Solidaritas internasional sangat penting karena faktanya Islamophobia masih banyak terjadi di negara-negara barat.

Sekretaris Jenderal OKI Dr. Yousef Al-Othaimeen menegaskan kembali seruannya kepada PBB dan organisasi internasional dan regional lainnya untuk menyatakan 15 Maret sebagai Hari Solidaritas Internasional terhadap Islamophobia. Seruan itu dilakukan untuk membangun kesadaran dunia internasional akan bahaya intoleransi dan tindakan kebencian kepada kaum muslim.

Ia juga mendesak masayarakat internasional untuk mengambil langkah nyata untuk menyebarkan ajaran toleransi dan perdamaian. Menurutnya tindakan teroris telah mengirimkan bahwa berbicara kebencian, intoleransi, dan Islamophobia adalah ancaman bagi semua masyarakat.

“Terorisme tidak memiliki agama, ras, atau kebangsaan,” katanya dikutip dari laman Arabnews.com,

Sementara itu, perwakilan tetap Arab Saudi untuk PBB Abdallah Al-Mouallimi, mengatakan pada pertemuan duta besar negara anggota OKI bahw penggunaan istilah yang menghubungkan teror dengan agama, seperti ISIS, harus dihindari.

Sebagai ketua kelompok Islam untuk memerangi terorisme atas nama OKI, Abdallah Al-Mouallimi mengatakan tidak boleh ada diskriminasi bagi kelompok agama meski terdapat kelompok teroris yang berasal dari agama tertentu, dan menyeru untuk ekstremisme dan terorisme harus dikutuk, terlepas dari sumbernya.

Tanggal 15 Maret tahun 2019 terjadi aksi terorisme di masjid Al Noor dan Linwood Islamic Centre saat umat Islam melaksanaan salat Jumat. Kejadian berdarah ini menewaskan 51 jamaah dan puluhan luka-luka. Pada 15 Maret kemarin, rencananya akan dilakukan peringatan setahun tragedi tersebut secara bersar-besaram, namun hal ini dibatalkan oleh pemerintah Selandia Baru karena maraknya kasus virus COVID-19.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Covid- 19 Melandai, Arab Saudi Tetapkan Jumlah Jemaah Haji Tahun Ini 1 Juta

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

kisah nabi adam

Begini Kisah Wafatnya Nabi Adam dan Permintaan Terakhirnya

Jakarta – Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Nabi Adam …

Paham radikalisme pernah menyaru dengan pariwisata pantai di Garut selatan Salah satunya di Desa Mekarwangi Cibalong Yuk lihat keseharian warga Cibalong Pradita Utamadetikcom

Thogutkan Pancasila, Masuk Surga Cukup Bayar Rp 25 Ribu

Garut – Penyebaran paham radikal sudah seperti virus Covid- 19, menyebar dan menyusup ke berbagai …