Ustaz Zacky Mirza
Ustaz Zacky Mirza

Ustaz Zacky Mirza: Banyak Nilai Religius Yang Bisa Digali dari Makna Hari Kemerdekaan

Jakarta – Ustaz Zacky Mirza tak mau kalah semangat dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia, 17 Agustus 2021. Dai kondang ini mengatakan banyak nilai religius yang bisa diambil dari peringatan Hari Kemerdekaan itu, yang juga menjadi tonggak penetapan Pancasila sebagai dasar negara.

“Umat Islam Tanah Air patut mengetahui sikap tepat dalam menyambut serta memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Prioritaskan nilai ibadah guna mencapai kemerdekaan yang hakiki,” ujar Ustaz Zacky Mirza dikutipi dari MNC Portal, Kamis (12/8/2021).

Ia menyebut penjajahan yang terjadi saat ini bukan dari pihak lain yang ingin berkuasa. Dirinya menyebut diri sendirilah yang acapkali dijajah oleh hal-hal duniawi sehingga terbelenggu dan jauh dari kata merdeka.

“Jadi yang pertama yang mesti kita benahi dalam menyambut kemerdekaan Indonesia, prioritas terpenting membenahi kualitas kehambaan kita dulu nih. Karena Allah Subhanahu wa ta’ala menegaskan: ‘Tidaklah Kami ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah.’ Jadi jelas di awal itu pertama membenahi nilai-nilai ibadah. Ini yang penting poinnya dalam rangka supaya hati kita ini merdeka dari belenggu duniawi, merdeka dari diperbudak harta, merdeka dari mengejar jabatan dengan menghalalkan segala cara, sehingga dari pembenahan sisi ibadah itulah kita memiliki rasa nasionalisme karena Allah Subhanahu wa ta’ala,” jelasnya.

Ia juga menyinggung kandungan nilai dalam Pancasila. Beliau mengatakan nasionalis yang baik ialah yang datang karena Allah Subhanahu wa ta’ala.

Ustaz Zackh Mirza juga mengutip firman Allah Subhanahu wa ta’ala yang menjelaskan tugas umat manusia di muka bumi untuk senantiasa beribadah kepada-Nya. Hal tersebut menjadi nilai utama yang disampaikan Ustadz Zacky Mirza dalam menyambut HUT ke-76 RI mendatang.

Baca Juga:  Jangan Politisasi Pancasila Untuk Kepentingan Apa Pun

“Rasa nasionalisme karena Allah Subhanahu wa ta’ala itu ya dengan menjalankan Pancasila seutuhnya dan seikhlasnya. Itu sudah jelaskan sila pertama ‘Ketuhanan Yang Maha Esa’, berarti undang-undang Indonesia, peraturan dan falsafah hidup di Indonesia sebagai warga negara, kita disuruh beribadah dulu nih yang benar sama Allah Subhanahu wa ta’ala,” ujarnya lagi.

Nilai kemanusiaan juga tidak kalah penting untuk menyongsong kemerdekaan Republik Indonesia. Makna ini disampaikan Ustadz Zacky Mirza merujuk pada sila kedua. Ia juga mengatakan sila tersebut sangat lekat dengan nilai Islamiah yang harus diterapkan setiap Muslim, khususnya di Indonesia.

“Nah yang kedua, jangan lupa kita bermuamalah, hubungan ke masyarakat. Terutama terhadap sesama warga Indonesia, kepedulianlah terhadap bangsa gitu dalam urusan bencana dan lain sebagainya. Jadi kalau sisi Ketuhanan Yang Maha Esa-nya sudah dapat, ibadah udah kita benahin, ketoka kita nolong bangsa pun tidak ada orientasi cuma karena jabatan atau postingan gitu misalnya,” pungkasnya.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ali Kalora

Pentolan Teroris Mujahidin Indonesia Timur Ali Kalora Tewas Ditembak Satgas Madago Raya

Palu – Setelah melakukan perburuan intensif, Satgas Madago Raya akhirnya berhasil menembak mati tokoh teroris …

Dr Adnan Anwar

Silaturahmi Nasional Penting Sebagai Sarana Tabayyun Dalam Menjaga NKRI

Jakarta – Dalam konteks berbangsa dan bernegara, persaudaraan tidak hanya dibangun atas dasar persamaan keyakinan, …