Jenazah guru ngaji masih utuh saat dibongkar
Jenazah guru ngaji masih utuh saat dibongkar

Viral Jenazah Dikubur 17 Tahun Masih Utuh, Ternyata Jenazah Guru Ngaji

Jakarta – Sebuah video viral jenazah masih utuh dan bahkan mengeluarkan aroma harum meski sudah 17 tahun dikubur. Mulai kain kafan, kulit daging, hingga kerangka jenazah tersebut ternyata masih menyatu.

Hal itu diketahui ketika adanya pembongkaran dan pemindahan makan di Subang, Jawa Barat. Dikutip dari akun TikTok Official iNews, Senin (17/1/2022), terungkap jenazah tersebut adalah sosok guru ngaji bernama Muhdia. Menurut penuturan warga dan penggali kubur setempat, ketika diangkat, jenazah Muhdia masih sangat utuh.

Selain itu, meski kulit jenazah cenderung kering, ternyata tidak menimbulkan bau busuk, justru tercium aroma harum. Padahal pada umumnya kondisi jenazah yang sudah dimakamkan belasan tahun sudah tinggal tulang-belulang.

“Masih utuh. Tangannya masih gini (bersedekap), masih keras, kulitnya masih ada. Cuma (kulitnya) kering, kayak (diberi) air keras,” ujar penggali kubur bernama Ace Kosasih.

Makam tersebut memang sengaja dibongkar dan dipindahkan ke area lebih layak karena sebelumnya berada di dekat kandang ternak. Ini dianggap kurang tepat, sebab semasa hidupnya guru ngaji tersebut cukup dihormati oleh penduduk setempat.

Ternyata guru ngaji itu meninggal dunia setelah selesai Salat Ashar di usia 65 tahun. Semasa hidupnya ia rajin beribadah, pribadinya baik, dan menjadi salah satu tokoh di kampung tersebut.

Salah satu muridnya, Ujang Adung, mengatakan semasa hidupnya guru ngajinya itu lebih banyak menghabiskan waktu di masjid. Bukan sekadar salat, ia memilih mengabdikan hidupnya untuk mengajar ngaji kepada anak-anak.

“Ngajar ngaji anak-anak, dari generasi ke generasi dari mulai bapak saya sendiri, sampai saya sendiri pernah digurui ngaji sama almarhum,” tuturnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Dara Berdarah Minang Ini Jadi Guru Ngaji Anak-anak di Amerika Serikat

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

muslim houston amerika serikat rayakan idul fitri dengan menggelar festival

Komunitas Muslim Houston bagikan Makan Gratis Tunawisma

JAKARTA – Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, rahmat yang bukan saja untuk umat Islam namun …

ilustrasi logo nahdlatul ulama

Konbes NU 2022 Lahirkan 19 Peraturan untuk Perkuat Landasan Jam’iyah Optimalisasi Khidmah

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) 2022 …