doa sebelum dan sesudah Wudhu
Wudhu

Wudhu di Kamar Mandi Plus WC; Bolehkah Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu?

Menjadi kelaziman, saat ini kamar mandi didesain lengkap dengan sarana untuk buang hajat. Kamar mandi plus WC. Biasanya, seseorang berwudhu di kamar mandi tersebut setelah mandi atau hanya sekedar untuk berwudhu saja karena tidak memiliki tempat wudhu khusus di rumahnya. Hal ini menyisakan pertanyaan terkait fikih. Apakah boleh berdoa sebelum dan sesudah berwudhu di kamar mandi yang juga digunakan untuk buang hajat?

Dari Ibnu Umar, ia berkata, “Seseorang berjalan melewati Rasulullah, saat itu beliau sedang buang air kecil. Orang tadi mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya”. (HR. Muslim).

Menurut Imam Nawawi dalam kitabnya Syarah Shahih Muslim (4/61), hadis ini menjadi hujjah makruhnya berdzikir apapun disaat sedang buang hajat. Demikian pula saat sedang berhubungan badan. Maka, dalam dua kondisi ini, apabila seseorang bersin cukup mengucapkan “Alhamdulillah” dalam hatinya, tidak boleh diucapkan dengan lisan. Hukum makruh disini adalah makruh tanzih, tidak mendekati haram.

Apakah aturan ini juga berlaku untuk seseorang yang berwudhu di kamar mandi plus WC tersebut?

Namun, sebelum mengulas pendapat ulama tentang hal ini, layak diketahui lebih dulu kategori tempat yang disebut WC. Ada tiga kriteria suatu tempat disebut WC seperti dijelaskan dalam kitab Hasiyah al Qailubi wa Umairah karya Syihabuddin Abu al Abbas Ahmad bin Ahmad bin Salamah al Qaylubi al Mishri dan Imam Syihabuddin Ahmad al Burullusi al Mishri (1/44).

Pertama, tempat yang memang khusus dibuat dan dipersiapkan untuk buang hajat. Kedua, tempat yang pernah digunakan untuk buang hajat. Ketiga, tempat yang secara ‘urf (kebiasaan) disebut WC karena sering digunakan untuk buang hajat.

Kembali pada soal hukum berdoa sebelum dan sesudah wudhu di kamar mandi plus WC, Ibnu Abidin seperti termaktub dalam al Mausu’ah al Fiqhiyyah (12/34) menjelaskan, pendapat yang lebih terang mengatakan tidak boleh mengambil kesunnahan. Tidak boleh berdoa sebelum dan sesudah wudhu. Sebab, mayoritas ulama lebih memprioritaskan larangan daripada anjuran.

Baca Juga:  Islam Mengharamkan Musik? Simak Pandangan Rasulullah, Sahabat dan para Ulama

Jelas, bahwa membaca doa sebelum dan sesudah wudhu di dalam kamar mandi plus WC hukumnya makruh. Dengan demikian, meskipun pada awalnya sunnah namun bila berwudhu dalam kamar mandi yang juga digunakan untuk buang hajat hukumnya makruh. Solusinya? Membuat tempat khusus untuk wudhu di luar kamar mandi.

Bagikan Artikel ini:

About Faizatul Ummah

Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo

Check Also

keragaman

Dalil Toleransi Beragama dalam Al Qur’an : Kemajemukan adalah Kehendak Ilahi

Hari ini masyarakat terkadang begitu alergi dengan perbedaan. Politisasi identitas semakin menguat dan mudah menggolongkan …

ratu elizabeth

Ratu Elizabeth II Meninggal, Bolehkah Mendoakan dan Menghormati Jenazah Non Muslim?

Kepergian Ratu Elizabeth II menyisakan duka mendalam bagi rakyat Inggris. Jutaan rakyat Inggris larut dalam …