Pengeras suara di Masjid
Pengeras suara di Masjid

DMI Koordinasi Dengan Kemenag Terkait Aturan Penggunaan Pengeras Suara Masjid

Jakarta – Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) dalam upaya mengatur penggunaan soundsystem (pengeras suara) masjid di Indonesia. Pengaturan tersebut dilakukan agar suara masjid tidak saling mengganggu satu sama lain.

“Kita (DMI) dan Menteri Agama akan sama-sama agar soundsystem-nya (masjid) diatur, agar jangan saling mengganggu,” kata Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla (JK), saat bersilaturahim dengan pengurus DMI Sumatra Utara di Masjid Al Musaannif, Kota Medan, Senin (25/10/2021).

JK menilai pengaturan pengeras suara antarmasjid penting dilakukan. Sebab, rata-rata terdapat dua masjid dalam radius satu kilometer di kota.

“Paling jauh jarak antara masjid satu dengan masjid lainnya itu sekitar satu satu kilometer,” kata JK.

Wakil Presiden dua periode ini juga mengatakan, secara teknis pengaturan pengeras suara bukan hal yang sulit. Karena, lembaga Kemenag dan DMI sama-sama menjangkau wilayah kecamatan, sehingga koordinasi tak terlalu sulit dilakukan.

Namun, JK belum mengungkap waktu untuk berkordinasi dengan Kementerian Agama terkait soundsystem masjid tersebut. Menurutnya, DMI telah lama menyuarakan soal tata kelola tentang soundsystem masjid.

Pengelolaan tersebut terkait dengan suara pengajian, suara adzan serta suara pengeras suara dalam masjid. JK beberapa kali mengeluhkan suara speaker yang tak terdengar indah di dalam masjid. Padahal, jika dibandingkan, 80 persen orang dalam masjid adalah mendengar, sedangkan 20 persennya bercerita.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Masyarakat Diminta Rajut Kembali Persatuan Yang Terpolarisasi Pilpres

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

viral ustaz berdakwah sambil streaming mobile legends

Inovasi Keren, Ustaz Berdakwah Sambil Streaming Mobile Legends

Jakarta – Berdakwah atau mensyiarkan agama dan kebaikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang paling …

MBS

Diangkat Jadi Perdana Menteri, MBS Penanggung Jawab Baru 2 Masjid Suci

Riyadh –Raja Salman telah mengangkat Putra Mahkota Muhammed Bin Salman (MBS) sebagai Perdana Menteri Arab …