aec bc fccefe
aec bc fccefe

Menag Terbitkan SE Terkait Aturan Pengeras Suara Masjid, PKB Sepakat Tapi Beri Catatan

Jakarta –  Suara-suara yang berasal dari Masjid akan terdengar semakin merdu dan syahdu jika didukung dengan soundsystem yang baik, sehingga orang yang mendengarkan akan menjadi lebih tersentuh hatinya, namun jika pengeras suara kurang baik, terlebih suara terlalu keras maka akan menimbulkan kurang nyaman bagi yang mendengarkan, olah karena itulah Kementerian Agama mengeluarkan Surat Edaran (SE) Menteri Agama yang mengatur pengeras suara d Masjid.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) melalui Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang sepakat atas aturan yang dikeluarkan oleh Menteri Agama. Asalkan, menurut dia, landasan aturannya demi ketenteraman bukan karena kebencian suatu kelompok.

“Kalau surat itu landasannya melarang tentu itu tidak pada tempatnya, cuma kalau surat edaran itu untuk kenyamanan, ketertiban saya pikir tidak ada masalah,” kata Marwan kepada wartawan, seperti dikutip dari laman detik.com Senin (21/2/2022).

“Umpamanya gini, kita sering mendengar suara di masjid itu terlalu bising, tidak tenteram, kalau arah itu yang disebutkan saya pikir bagus saja. Apalagi dikaitkan dengan lingkungan tentu kita malu juga masa dari masjid suaranya membengkakkan telinga,” imbuhnya.

Marwan lantas menyoroti fasilitas yang dimiliki setiap masjid. Menurutnya, masjid memiliki fasilitas yang berbeda-beda, terutama terkait alat pengeras suara.

Oleh karena itu, dia memberi catatan dalam SE itu untuk menambah poin imbauan dukungan dari pemerintah. Dukungan itu untuk memperbaiki fasilitas yang minim di masjid.

“Masalahnya tidak semua lingkungan berkemampuan memfasilitasi speaker atau sound yang bagus. Maka surat edaran itu mestinya ada imbauan keterangan dukungan dari beberapa pihak terutama untuk pemerintah untuk memperbaiki sound system yang ada di masjid, umpamanya katakanlah kasetnya atau CD-nya dianggap tidak baik, saya pikir dibarengi dengan dukungan membagikan CD untuk diputar,” ujar Marwan.

Baca Juga:  DPR Setujui Usulan Realokasi Dana Haji Untuk Penanganan Covid-19

Marwan mengatakan pemerintah punya program perbaikan masjid. Dia meminta agar program itu juga dibarengi pemenuhan fasilitas pengeras suara masjid.

“Pemerintah lewat Kemenag kan punya juga program memperbaiki masjid bahkan surat edaran ini mestinya menyelipkan dukungan untuk itu,” ucapnya.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

muslim houston amerika serikat rayakan idul fitri dengan menggelar festival

Komunitas Muslim Houston bagikan Makan Gratis Tunawisma

JAKARTA – Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, rahmat yang bukan saja untuk umat Islam namun …

ilustrasi logo nahdlatul ulama

Konbes NU 2022 Lahirkan 19 Peraturan untuk Perkuat Landasan Jam’iyah Optimalisasi Khidmah

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) 2022 …