harus berdoa
doa terkabul

3 Amalan Shaleh yang Menjamin Perjumpaan dengan Tuhan

“Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabb-nya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Rabb-nya.”

Allah menciptakan manusia tentunya dengan tujuan mulia, yakni untuk beriman dan beribadah hanya kepada Allah. Kita sebagai umat Allah tentunya menginginkan untuk mampu meraih keselamatan dan kebahagiaan dunia maupun akhirat. Karena itu, ada banyak cara bagi umat muslim untuk menjadi umat yang lebih disayangi oleh Allah. Dengan kita melakukan perbuatan yang baik dan amalan shaleh selama di dunia. Allah akan membuat semakin menyayangi kita sebagai umat-Nya.

Jika kita membahas tentang amalan shaleh yang mampu membawa kita selamat dunia maupun akhirat pastinya sulit sekali untuk diraih, jika tidak diiringi dengan ibadah dan perbuatan baik sekaligus amalan saleh. Lantas, apa sajakah amalan yang paling di sukai oleh Allah?

Seorang sahabat Rasul yang bernama Abdullah Ibnu Mas’ud mempertanyakan hal ini kepada Rasulullah. Dan Rasulullahpun menjawab, “dari sahabat Abdullah Ibnu Mas’ud RA bertanya kepada Nabi Muhammad tentang amalan yang paling dicintai Allah? Beliau menjawab, ‘shalat diawal waktu’. Kemudian apalagi? Beliau menjawab, ‘Berbakti kepada kedua orangtua’. Kemudian apalagi? Beliau menjawab, “Jihad fii sabilillah”. (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

Pertama, Shalat di awal waktu.

Seperti kita tahu bahwa shalat merupakan rukun islam yang kedua, dimana diwajibkan bagi seluruh umat islam untuk melakukannya karena shalat merupakan tiang agama. Karena itulah, jangan pernah menganggap remeh ibadah shalat, karena urusan shalat merupakan perkara serius dalam Islam. Shalat menjadi pembeda antara seorang muslim dan non muslim dan merupakan perkara yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat kelak.

Baca Juga:  Makan dengan Garpu dan Pisau Bertentangan Sunnah? Mari Tengok Cara Makan Rasulullah

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa ayat 103 yang artinya, “…Sesungguhnya salat memiliki waktu yang telah ditetapkan bagi orang beriman.”

Kedua, Berbakti kepada kedua orangtua.

Sebagai menusia yang penuh dengan rutinitas pekerjaan ataupun yang lainnya, namun kita sebagai anak hendaknya tidak pernah melupakan bakti kita kepada orang tua. Kita harus tau bahwa, ridha allah merupakan ridha dari orang tua kita, dan jangan lupa jika kesuksesan kita semata-mata karena ridho orang tua kepada kita.

Allah berfirman dalam al-Quran: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman: 14)

Berbakti dengan orang tua merupakan bentuk kewajiban yang harus dilakukan seorang anak untuk membalas segala jasa-jasa orang tua yang telah melahirkan kita. Harus di ketahui bahwa, sikap bakti seorang anak bukanlah sikap yang hanya sekedar menghormati, namun juga melakukan kegiatan baik yang mampu membuat orang tua senang dan bahagia.

Ketiga, Berjihad di jalan Allah.

Amalan yang terakhir ialah berjihad di jalan Allah, ialah salah satu amalan yang sangat disenangi Allah. maksud jihad disini bukan hanya berperang seperti yang dilakukan pada jaman Nabi-nabi terdahulu. Berjihad banyak bentuknya, berjihad bagi seorang siswa ialah dengan cara ia menuntut ilmu, sedang bagi seorang ayah ialah dengan memberikan makanan, pakaian serta ilmu agama untuk semua anggota keluarganya.

Allah menjanjikan surga bagi mereka yang berjihad. Rasulullah SAW bersabda: “Wajib atas kalian berjihad di jalan Allah Ta’ala, karena sesungguhnya jihad di jalan Allah itu merupakan salah satu pintu dari pintu-pintu Surga, Allah akan menghilangkan dengannya dari kesedihan dan kesusahan”.

Baca Juga:  Benarkah Tidurnya Orang Puasa Ibadah?

Jika kita menjalan secara konsisten ketiga amalan tersebut, maka amalan tersebut akan mampu menuntun kita untuk mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Allah sangate menyukai umatnya yang melakukan amalan secara konsisten. Kita tidak perlu melakukan kebaikan besar apalagi sampai di luar kemampuan, karena amalan kecil saja jika dilakukan secara konsisten, akan mampu membuat kita untuk dicintai oleh Allah.

Bagikan Artikel ini:

About Indah Fauziah

Avatar of Indah Fauziah

Check Also

penyebab malas beribadah

Beribadah untuk Mengingat Jati Diri Manusia, Kenali 4 Penyebab Manusia Malas Beribadah

Manusia diciptakan oleh Allah bukan untuk sekedar main-main, bersenda gurau atau kegiatan yang lainnya yang …

shalat taubat

Rasulullah Saja Mengucapkan Kata Taubat Setiap Hari, Begini Cara Shalat Taubat

Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222) …