belajar membaca alquran pertolongan bagi mualaf bertujuan untuk menguatkan 210327203725 989 scaled
belajar membaca alquran pertolongan bagi mualaf bertujuan untuk menguatkan 210327203725 989 scaled

3 Ilmu yang Wajib Dipelajari dan Diajarkan

Manusia merupakan makhluk Tuhan yang diciptakan lebih sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya. Namun kesempurnaan manusia tidak ada artinya jika mereka tidak membekali diri dengan ilmu. Ilmu merupakan dasar dari kehidupan dan Allah akan mengangkat derajat orang yang berilmu.

Dengan adanya ilmu, manusia akan mampu menggunakan akalnya untuk berfikir dan menggunakannya dengan bijak. Akal manusia yang membedakan kesempurnaan dengan makhluk lainnya. Mendayagunakan akal untuk kebaikan adalah dengan cara menuntut ilmu.

Jika kita membahas ilmu, memang ada banyak macam ilmu yang bisa dipelajari oleh setiap manusia. Namun, ada beberapa ilmu yang hukumnya wajib dipelajari oleh manusia. Hukum ilmu ini ada yang fardlu ain, artinya seluruh umat harus mempelajarinya. Ada pula hukum fardlu kifayah yang cukup orang tertentu sudah menggugurkan kewajiban yang lain semisal ilmu hadist, ilmu tafsir, ilmu kedokteran, ilmu sosial dan lainnya.

Namun, kategori ilmu fardlu ain harus dipelajari oleh seluruh umat muslim karena terkait dengan kebaikan diri sendiri dan masyarakat. Apa saja ilmu itu?

Pertama, Ilmu aqidah.

Ilmu ini berkaitan dengan pemahaman ketuhanan dan keteguhan keyakinan. Ini ilmu mutlak dipelajari sebagai pondasi keimanan seorang muslim. Dari sejak kecil hingga dewasa umat Islam harus dan wajib mempelajari dan mendidik yang lain terutama keluarganya tentang ilmu akidah.

Memberikan pelajaran akidah bukan sekedar tentang belajar di sekolah. Namun, pelajaran akidah adalah mengenalkan anak tentang Penguasa alam semesta. Memberikan pengertian tentang sifat-sifat Allah hingga takdir dan hari akhir.

Sebenarnya ulama salaf sudah merangkumnya dengan istilah rukun Islam sebagaimana dalam hadist populer yang Nabi ketika ditanya malaikat Jibril. Pelajaran itu penting disampaikan sebagai pondasi keimanan seseorang.

Kedua, Ilmu fiqih.

Ilmu fikih sejatinya sudah ada di era tabiin, tetapi mulai diformulai pada era tabi’tabiin untuk memudahkan umat Islam mempelajari ajaran ibadah. Ilmu fikih sederhananya adalah tentang aturan dan tata cara ibadah yang benar dan baik.

Karena itulah, dalam fikih dimulai dari bersesuci hingga masalah haji. Tidak hanya itu, ilmu fikih juga berkaitan dengan muamalah dan jinayat. Namun, hal terpenting yang wajib diajarkan kepada anak adalah seputar fikih rukun Islam.

Ketiga, ilmu akhlak. 

Inilah ilmu yang sejatinya menjadi hilang dan diabaikan dalam diri umat. Padahal misi kenabian sudah sangat jelas adalah untuk menyempurnakan akhlak. Sayangnya, akhlak menjadi ilmu yang seolah pelengkap padahal sesungguhnya paling penting.

Akhlak berkaitan dengan etika, norma dan aturan berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama manusia dan manusia dengan lingkungannya. Nabi adalah teladan terbaik dalam persoalan akhlak. Beliau mengajarkan bagaimana akhlak yang baik kepada Tuhan, kepada sesama manusia hingga kepada makhluk hidup lainnya, bahkan kepada benda mati sekalipun.

Ketiga ilmu itu adalah paket lengkap yang tidak bisa dipisahkan dalam diri umat Islam. Menjadi muslim tidak cukup memahami akidah atau syariat, tetapi juga penting menghiasi diri dengan perangai akhlak yang baik. Itulah sejatinya muslim yang kaffah yang memahami tiga dimensi penting dalam berislam.

Bagikan Artikel ini:

About Sefti Lutfiana

Mahasiswa universitas negeri jember Fak. Hukum

Check Also

agama bisa menyembuhkan

Agama Bisa Menyembuhkan Penyakit?

Saya mendapatkan satu postingan yang sangat menarik tentang sebuah hasil riset. Sebuah riset menggunakan binatang …

mendidik anak

Lakukan 3 Langkah Ini untuk Menjamin Anak Sukses Dunia Akhirat

Setiap orang tua pastinya mengidamkan anaknya mampu menjadi seseorang yang sukses bukan hanya di dunia …