fakir miskin
fakir miskin

Awas 4 Kebiasaan ini Bisa Menyebabkan Kefakiran Menurut Jamaluddin al-Hubaisyi

Kefakiran tentu merupakan hal yang tidak diinginkan oleh semua orang, mengingat definisi fakir sendiri yakni orang yang memiliki harta namun tidak mencukupi kebutuhan pokok dan tanggungannya (istri dan anak). Terkadang terdapat beberapa perbuatan remeh yang tanpa disadari mendatangkan kefakiran.

Oleh karenanya beberapa ulama telah menyebutkan perbuatan apa saja yang dapat menyebabkan seseorang menjadi fakir, salah satunya yakni Imam Jalaluddin al-Hubaisyi dalam kitab al-Barokah fi Fadl al-Sa’yi wa al-Harakah, diantara perbuatan tersebu yakni:

1. Kencing di air yang tidak mengalir atau mengggenang

Larangan kencing di air yang tidak mengalir atau menggenang pernah disampaikan oleh Nabi Muhammad saw. Beliau bersabda “Janganlah salah seorang dari kalin kencing di  air yang diam yaitu air yang tidak mengalir kemudian ia mandi di dalamnya.” Larangan dalam hadist ini bersifat makruh bagi orang yang buang air kecil dan haram bagi orang yang buang air besar. Namun Ibnu Baz memilih pendapat yang mengatakan haram bagi orang yang buang air kecil maupun buang air besar karena keduanya menjadikan air rusak dan tidak bisa dimanfaatkan oleh orang lain.

2. Tidur setelah subuh

Tak banyak yang mengetahui bahwa tidur setelah subuh dapat mendatangkan kefakiran, hal ini selaras dengan perkataan orang tua terdahulu yang mengatakan jika tidur setelah subuh rezekinya akan dipatok ayam (sempit). Buya Yahya mengatakan bahwa “Tidur setelah subuh hukumnya makruh karna waktu itu (setelah subuh) merupakan waktu untuk mendekatkan diri kepada allah swt, ia akan kehilangan banyak hal, diantaranya rezeki, rezekinya menjadi sempit.”

3. Membiarkan sarang laba-laba di rumah

Dalam kitab yang cukup masyhur yakni Ta’limul Mutallim juga menyebutkan bahwa membiarkan sarang laba-laba dirumah merupakan salah satu penyebab seretnya rezeki. Hal ini ditulis berdasarkan atsar para sahabat. Begitupun Ali bin Abi Thalib pernah berkata “Bersihkan rumah-rumah kalian dari sarang laba-laba. Sesungguhnya membiarkannya dirumah menyebabkan fakir.” Yang perlu diingat dalam perkataan tersebut yakni sahabat Ali tidak mengajurkan untu membunuh laba-laba. Disisi lain dalam sebagian riwayat, Nabi saw pernah mengungkapkan bahwa laba-laba merupakan jelmaan dari setan yang Allah swt telah merubah bentuknya kebentuk lain.

4. Menguap saat shalat

Tak sedikit orang saat sedang mengerjakan solat tiba-tiba saja menguap, padahal ia tidak dalam keadaan mengantuk. Rupanya perbuatan ini termasuk penyebab kefakiran, oleh karenanya ketika menguap  dianjurkan untuk menahan dengan tangannya. Rasulullah saw bersabda “jika salah satu dari kalian menguap,hendaknya ia menahan dengan tangannya diatas mulutnya. Karena sesungguhnya setan itu akan masuk.”

Masih banyak lagi perbuatan-perbuatan yang dapat mendatangkan kefakiran, namun penulis hanya menyebutkan 4 perbuatan yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari dan sering dianggap remeh namun dapat mendatangkan kemudharatan. Jika ingin mengetahui lebih lanjut silahkan buka kitab al-Barokah fi Fadl al-Sa’yi wa al-Harakah karya Iman Jalaluddin al-Hubaisyi.

 

Bagikan Artikel ini:

About Laila Farah

Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo

Check Also

makanan dikeremuni semut

Konsumsi Makanan atau Minuman yang Dikerumuni Semut, Bolehkah dalam Islam?

Seringkali kita menemukan semut pada makanan atau minuman yang sedang atau akan kita konsumsi. Mengingat …

gempa cianjur

Mati Tertimpa Runtuhan Bangunan Akibat Bencana, Apakah disebut Syahid?

Masyarakat indonesia sedang dikabarkan dengan berita duka yang datang dari  wilayah Cianjur pada hari senin, …