5 doa
berdoa

5 Doa yang Wajib di Prioritas Menurut Rasulullah (2): Mintalah Keselamatan, Kemanfaatan dan Surga

Sebagaimana tulisan sebelumnya, bahwa berdoa minta petunjuk/hidayah dan minta ampunan ialah prioritas pertama dan kedua. Hal ini sebenarnya bentuk kepasrahan seorang hamba kepada Tuhannya. Sebab, tanpa hidayah Allah, seorang hamba akan selalu tersesat dan tanpa ampunan Allah, seorang hamba akan menanggung dosanya yang terus menggunung sampai akhirat lalu pada akhirnya, ia dijatuhi hukuman seberat-beratnya di neraka.

Setelah tahu prioritas pertama dan kedua, maka tulisan ini akan melanjutkan doa yang wajib diprioritaskan menurut rasulullah ketiga, keempat dan kelima, yakni sebagai berikut:

3. Keselamatan Dunia dan Akhirat

Doa tiga yang wajib diprioritaskan ini, berdasarkan sabda rasulullah SAW dalam sebuah hadist sebagai berikut:

عن أبي الفضل العباس بن عبد المطلب -رضي الله عنه- قال: قلتُ: يا رسول الله عَلِّمْنِي شيئا أسأله الله -تعالى-، قال: «سَلُوا اللهَ َالعافية» فمكثتُ أياما،ً ثم جِئْتُ فقلتُ: يا رسول الله علمني شيئا أسأله الله -تعالى-، قال لي: «يا عباس، يا عَم رسول الله، سَلُوا الله العافية في الدنيا والآخرة».

Dari Abu al-Fadhl al-Abbas bin Abdul Mutthalib RA, ia berkata: Aku berkata, “Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepadaku sesuatu yang aku minta kepada Allah ta’ala”. Beliau menjawab,“Mintalah keselamatan kepada Allah.” Lalu beberapa hari kemudian, saya menemui beliau lagi, lalu berkata, “Wahai Rasulullah, ajarkanlah aku sesuatu yang aku minta kepada Allah ta’ala-.” Beliau berkata kepadaku, “Wahai Abbas, wahai paman Rasulullah, mintalah keselamatan kepada Allah di dunia dan akhirat.” (HR. at-Tirmidzi dan Ahmad)

4. Kemanfaatan segala aktivitas

Bagi seorang muslim hendaknya senantiasa meminta kepada Allah agar aktivitas-aktivitas yang akan dilangsungkan hari itu seperti belajar, bekerja, ibadah dan melakukan kebaikan itu bermanfaat dan berkah. Sehingga dapat diterima oleh Allah. Dalam hal ini Doa Rasululah yang sering dipanjatkan sehabis shalat shubuh ialah sebagai berikut:

Baca Juga:  5 Macam Doa Nabi Muhammad Saw Untuk Orang Sakit

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amal yang diterima” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Ibnu as-Sunni)

5. Meminta surga dan dijauhkan dari neraka

Perkara selanjutnya yang hendaknya diminta oleh seorang muslim kepada Allah adalah meminta Surga dan dijauhkan dari Neraka. Karena Allah ta’ala berfirman,

فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَاُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ

“Barangsiapa dijauhkan dari Neraka dan dimasukkan ke dalam Surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan.” (QS. Ali Imron: 185)

Rasulullah SAW pun dalam sebuah hadist mengingatkan para sahabatnya untuk senantiasa berdoa meminta surga dan dilindungi dari neraka. Beliau bersabda,

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

”Barangsiapa yang meminta Surga 3 kali, maka Surga akan berkata: ’Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam Surga.’ Dan barangsiapa yang memohon perlindungan dari Neraka 3 kali, maka Neraka akan berkata: ’Ya Allah, lindungilah dia dari Neraka.” (HR. Ahmad, Nasai, dan Turmudzi)

Adapun doa yang sering dipanjatkan oleh Rasulullah untuk meminta surga dan perlindungan dari panasnya api neraka ialah sebagai berikut

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ

“Aku memohon Surga kepada-Mu dan semua ucapan dan perbuatan yang mendekatkan kepadanya. Aku berlindung kepada-Mu dari Neraka dan semua ucapan dan perbuatan yang mendekatkan kepadanya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Demikian 5 doa yang perlu diprioritaskan menurut rasulullah dari pada hajat-hajat kecil kita sebagai seorang hamba. Namun yang perlu digarisbawahi disini adalah kelima doa di atas wajib juga diperuntukkan untuk ayah, ibu, anak, istri, semua guru atau ustadz dan ahli kubur.. Supaya orang-orang yang kita cintai tersebut juga mendapatkan anugerah seperti apa yang kita minta. Semoga Allah mudahkan kita untuk terus berdoa dan semoga ini bermanfaat. Wa Allahu A’lam

 

Bagikan Artikel ini:

About M. Alfiyan Dzulfikar

Avatar of M. Alfiyan Dzulfikar

Check Also

penyebab doa tidak terkabulkan

4 Penyebab Doa Tidak Terkabulkan Menurut Hadist Nabi Muhammad SAW

Doa itu termasuk salah satu ibadah yang sakral, namun unik. Sakralnya, dengan doa kita seakan …

mempelajari sejarah nabi

Faedah-Faedah Mempelajari Sejarah Nabi Muhammad SAW

Mempelajari sejarah adalah upaya untuk mengetahui apa saja yang ada pada waktu lampau tertentu. Misalnya …