ridha orang tua
ilustrasi manula orang tua

5 Kunci dalam Al-Qur’an untuk Mendapatkan Ridha Orang Tua

Setiap orang tua mengidamkan untuk memiliki anak yang berbakti. Begitu pula seorang anak juga mempunyai harapan agar mendapatkan ridha Allah dengan perantara ridha orang tua. Dalam sebuah hadist ”Ridha Rabb terletak pada ridha kedua orang tua dan murka-Nya terletak pada kemurkaan keduanya.” (Riwayat Ath Thabarani).

Namun, bagaimana sih cara mendapat ridha dari kedua orang tua kita? Apakah dengan menurut saja kita bisa mendapat ridha? Anak seperti apa yang bisa mendapat ridho Allah SWT?

Untuk mencapai ridho tersebut, seorang anak harus memiliki dan mempelajari adab, tata krama dan akhlak. Adab kepada orang tua adalah hal penting yang setiap anak harus ketahui. Berbakti kepada kedua orang tua merupakan salah satu cara mendapat ridha dari Allah SWT.

Banyak sekali amalan yang di ajarkan dalam Al-Qur’an untuk kita agar bisa berbuat baik dan mendapatkan ridha dari Allah SWT. Pertama, kita harus berbuat baik kepada kedua orang tua. Allah bersabda “Dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu. (Al-Isra: 23). Sebagai anak berbuat baik kepada kedua orang tua adalah sebuah keniscayaan.

Berbuat baik itu memiliki banyak makna. Tidak berkata kasar kepada orang tuamu adalah bagian kecil dari berbuat baik jika menginginkan surga. Sebagai seorang anak kita harus bisa menjaga tutur kata, bahasa, dan ucapan kepada orang tua. Karena ucapan sekecil apapun bagi kita itu bisa membuat luka hati kepada orang tua dan itu akan menuntunmu ke neraka.

Kedua, bersyukur kepada kedua orang tua. Dengan kita bersyukur memiliki orang tua yang sudah mendidik kita dan membesarkan kita sejak kecil hingga sekarang, hidup kita akan dipermudah dan ridha Allah akan memudahkan hidup kita. Allah SWT bersabda “Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (Luqman: 14).

Dengan bersyukur seorang anak bisa berhenti mengeluh dan menyalah-nyalahkan orang tua yang tanpa kenal lelah membesarkan kita. Terkadang banyak derita kita menyalahkan orang tua. Hidup dalam kemiskinan kita keluhkan dengan menyalahkan orang yang telah bersusah payah mempertaruhkan nyawa buat kita. Bersyukur adalah kunci.

Seluruh umat muslim yang ada di muka bumi ini haruslah bersyukur kepada hal apapun yang kita miliki. Sedikit atau banyaknya prestasi yang kita raih kita harus tetap bersyukur. Seperti kita bersyukur telah dilahirkan dari orang tua yang hebat dan kuat telah membesarkan kita tanpa kenal lelah. Karena dengan kamu mensyukuri hal sekecil apapun, Allah akan melipat gandakan kebahagiaan kepadamu.

Ketiga, jangan membantah dengan kasar terhadap orang tua. Saat kamu mengeluh dengan apa yang telah diperintah oleh orang tua itu juga dapat membuatmu sulit mendapat ridho Allah SWT. Allah bersabda “Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan ‘ah’ kepada keduanya.” (Al-Isra: 23).

Kita sebagai anak haruslah bertutur kata sopan kepada orang tua, dan janganlah bertutur kata yang buruk. Sekecil apapun itu dapat melukai hati orang tuamu. Walaupun kita terkadang tidak sepakat dengan orang tua, tetapi jangan membantah dan menyanggah dengan kalimat yang bisa menyakiti hati orang tua.

Keempat, jangan pernah kamu membentak kedua orang tuamu. Allah SWT bersabda “Dan janganlah kamu membentak mereka. (Al-Isra: 23). Dari sinilah kita ketahui bahwa anak tidak boleh membentak kedua orang tuanya karena Allah SWT membenci itu. Orang tua juga akan merasa gagal jika anak yang dulu ia didik ia besarkan malah membentaknya dengan perkataan yang tidak sopan.

Kelima, kasihilah orang tua kita dan selalu doakan beliau dengan ikhlas. Dengan kita mendoakan orang tua akan dipermudah segala hal apapun. Akhlak mendoakan ini sudah ditunjukkan dalam al-Quran Allah SWT bersabda “Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (QS. Ibrahim: 14).

Menjadi anak yang baik tidak hanya dengan menurut, mematuhi dan berlaku baik, tetapi terpanting agar bisa mendapat ridho Allah SWT kita senantiasa mendoakan mereka. Kewajiban kita sebagai anak untuk selalu mendoakan kedua orang tua. Dengan mendoakan kedua orang tua kita akan selalu diberkahi dalam segala urusan.

Demikian, lima kunci yang diajarkan Al-Quran untuk menjadi anak yang baik agar mendapatkan ridho orang tua. Orang tua adalah kunci kesuksesan, kebahagiaan dan keselamatan kita di akherat. Semoga kita bisa selalu membuat bibir orang tua kita selalu tersenyum. Ketika senyuman itu ada, di situlah ridho itu muncul.

Bagikan Artikel ini:

About Sefti Lutfiana

Mahasiswa universitas negeri jember Fak. Hukum

Check Also

belajar membaca alquran pertolongan bagi mualaf bertujuan untuk menguatkan 210327203725 989 scaled

3 Ilmu yang Wajib Dipelajari dan Diajarkan

Manusia merupakan makhluk Tuhan yang diciptakan lebih sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya. Namun kesempurnaan manusia …

agama bisa menyembuhkan

Agama Bisa Menyembuhkan Penyakit?

Saya mendapatkan satu postingan yang sangat menarik tentang sebuah hasil riset. Sebuah riset menggunakan binatang …