doa ulang tahun
doa ulang tahun

Doa Meminta Panjang Umur dan Keberkahan Saat Hari Ulang Tahun

Hari ulang tahun adalah momen yang spesial bagi tiap orang. Setidaknya ada 2 cara pandang orang dalam menyikapi hari ulang tahun dirinya. Sebagian orang merasa senang ketika tahu bahwa dirinya ulang tahun pada hari itu. Sebagian yang lain merasa bersedih ketika tahu bahwa dirinya ulang tahun pada hari itu.

Mereka yang senang beranggapan bahwa merayakan ulang tahun sama dengan merayakan segala capaian hidupnya saat itu. Makanya sebagian dari mereka memerlukan hari ulang tahunnya untuk dirayakan secara formal. Sedangkan mereka yang sedih beranggapan bahwa ulang tahun itu menandakan umurnya berkurang dari tahun ke tahun dan mereka sedih karena baru sedikit kebaikan-kebaikannya di dunia.

Namun demikian, terlepas dari perbedaan perasaan di atas, tiap orang di momen spesialnya itu adalah mensyukuri kehidupannya yang sudah dianugerahkan oleh Allah. Apalagi orang itu beragama Islam. Maka wajib kiranya seorang muslim bersyukur karena telah diberi kesempatan bersujud kepada Allah di dunia. Karena tak semua orang meluangkan umurnya untuk bersujud kepada Allah.

Atas dasar itu, maka seorang muslim di hari ulang tahunnya diwajibkan untuk berdoa kepada Allah sebagai salah satu wujud rasa syukurnya. Doa yang dimohonkan bisa berupa doa memohon umur yang berkah, rizki yang lapang, hingga keselamatan dunia akhirat. Di bawah ini bisa di baca untuk sendiri ataupun diucapkan yang ditujukan kepada orang lain.

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

“Ya Allah, panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami. Dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”

Barakallah Fii Umrik

Ucapan selamat ulang tahun dapat menjadi hal kecil yang paling ditunggu seseorang ketika merayakan hari kelahirannya. Baik itu diucapkan lisan secara langsung maupun lewat tulisan pesan di chatingan. Ucapan doa ulang tahun bisa bebas disampaikan dalam ragam bahasa dan makna. Akan tetapi, bagi umat muslim, hendaknya berisi kalimat harapan dan doa kebaikan

Salah satu contohnya adalah ucapan براك الله في عمرك (Barakallah Fii Umrik) yang artinyaSemoga Allah memberkahi umurmu’. Kalimat yang mainstream diucapkan ketika ada kabar seseorang yang ulang tahun itu memiliki maksud mendoakan orang yang sedang berulang tahun agar Allah melimpahkan dan memberkahi umurnya.

Lantas ketika kita memperoleh ucapan tersebut dari orang-orang yang tahu ketika ulang tahun, maka seyogyanya merespon dengan menjawab kembali dengan mendoakannya. Anda bisa mengucapkan “Wa Fiika (laki-laki)/Wa Fiiki (perempuan) Barakallah” yang mana artinya ialah “Semoga Allah juga memberkahimu.”

Mengingat pentingnya kedudukan doa bagi seorang muslim, maka ketika mengucapkan doa ulang tahun hendaklah dengan tulus dan ikhlas. Baik saat untuk diri sendiri maupun orang lain. Dan ingat pula bahwa doa meminta panjang umur dalam keberkahan bisa diucapkan setiap saat. Tak harus menunggu momen tahunan tersebut.

Selain dengan berdoa, tentu seorang muslim bisa merayakan dan mensyukuri ulang tahunnya dengan amal-amal saleh. Seperti bertambah banyak bersedekahnya, bertambah giat shalatnya dan bertambah rajin mengajinya.

Bagikan Artikel ini:

About M. Alfiyan Dzulfikar

Check Also

ilustrasi masjid tempat ibadah umat

Bersemangatlah dalam Beribadah (2): Cara Menghindari Kemalasan

Dalam tulisan sebelumnya, sudah dijelaskan betapa Allah SWT menganugerahkan kemurahan dan kemudahan kepada kita untuk …

ibadah

Bersemangatlah Dalam Beribadah (1): Tiada Kesukaran dalam Agama

Allah memerintahkan kita beribadah, pastilah itu bermanfaat dan baik untuk kita sendiri. Tak mungkin ada …