doa 10 hari terakhir ramadan
ramadan

Amalan Menjelang Ramadan: Perbanyak Doa Ini

Saat ini kita sudah memasuki akhir bulan Sya’ban. Itu artinya, bulan yang penuh dengan keberkahan ini sebentar lagi akan berganti. Segala amal seperti puasa sunnah, shalat malam, sedekah dan lainnya telah dilakukan oleh umat Islam guna mengejar pahala yang begitu berlimpah. Permohonan ampun juga telah dipanjatkan di bulan yang penuh ampunan ini.

Dengan segera berakhirnya bulan Sya’ban pula, kita akan memasuki bulan suci Ramadan. Bulan yang penuh dengan rahmat, ampunan dan kita akan dijauhkan dari api neraka. Untuk itu, sebelum memasuki bulan Ramadan, kita harus memaksimalkan dengan baik hari-hari terakhir di bulan Sya’ban dengan meningkatkan amal kebaikan.

Sebagai manusia, tentu tak luput dari kesalahan dan dosa. Maka, untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan, umat Islam harus selalu bermuhasabah diri dan memohon agar diampuni segala dosa. Sebab, tak sedikit orang yang justru menjadi santai sebelum datangnya Ramadan. Disibukkan dengan perbuatan yang sia-sia atau tidak bermanfaat.

Nah, sebelum memasuki Ramadan juga, tentu ada persiapan yang harus dilakukan. Persiapan yang dimaksud di sini ialah amal ibadah dan hati yang bersih. Sebab itu menjadi bentuk kesiapan kita dalam menjalani Bulan Ramadan. Dan, ibadah yang dilakukan, meskipun itu sunnah, akan membuat kita terbiasa melakukannya di bulan puasa.

Dalam beribadah di bulan suci Ramadan, sangat dianjurkan menjalaninya dengan hati yang bersih. Begitupun ketika hendak memasukinya, haruslah dengan perasaan gembira. Rasul pun bergembira menyambut bulan Ramadan. Sebagaimana di dalam hadits berikut:

ﻗَﺪْ ﺟَﺎﺀَﻛُﻢْ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥُ، ﺷَﻬْﺮٌ ﻣُﺒَﺎﺭَﻙٌ، ﺍﻓْﺘَﺮَﺽَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺻِﻴَﺎﻣَﻪُ، ﺗُﻔْﺘَﺢُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ، ﻭَﺗُﻐْﻠَﻖُ ﻓِﻴﻪِ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟْﺠَﺤِﻴﻢِ، ﻭَﺗُﻐَﻞُّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﻟﺸَّﻴَﺎﻃِﻴﻦُ، ﻓِﻴﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻣِﻦْ ﺃَﻟْﻒِ ﺷَﻬْﺮٍ، ﻣَﻦْ ﺣُﺮِﻡَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻓَﻘَﺪْ ﺣُﺮِﻡَ

Baca Juga:  Inilah Cara Rasulullah Memuliakan Bulan Sya’ban

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.”(HR. Ahmad, Nasa’I 2106)

Untuk itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan mental dan spiritual menjelang Ramadan. Adapun Rasulullah dan sahabat menyambut bulan Ramadan dengan memperbanyak doa. Segala doa dan amalan yang dikerjakan sesungguhnya adalah bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan.

Keberkahan bisa didapatkan. Berharap agar kembali dipertemukan dengan Ramadan selanjutnya. Karena Ramadan merupakan kesempatan bagi tiap muslim untuk meningkatkan taqwa. Bahkan sejak memasuki bulan Rajab, ada doa yang sering dilafalkan. Doa ini terus dibacakan hingga menyambut Ramadan.

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban. serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan.”

Rasulullah juga mencontohkan doa yang dibaca setelah memasuki Bulan Ramadan:

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

“Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Kita tidak mengetahui kapan umur berakhir. Namun yang harus dilakukan ialah memanfaatkan waktu sebaik mungkin terutama dalam menyambut bulan Ramadan. Sehingga, dengan persiapan dan doa yang dilakukan dapat berbuah keberkahan dan keutamaan. Semoga di bulan Ramadan yang akan datang kita dapat beribadah dengan ikhlas dan tetap istiqomah setelah berakhirnya Ramadan. Aamiin.

Bagikan Artikel ini:

About Muhammad Ikhsan Hidayat

Avatar of Muhammad Ikhsan Hidayat
Peneliti di Pon-pes Dar al-Qolam Semarang

Check Also

mencela

Hadits Akhlak Berkomunikasi (1) : Larangan Mencela

Setiap muslim adalah saudara. Sebagai seorang saudara,  maka harus saling menjaga dan tidak saling merendahkan. …

makna kafir

Tafsir Surah Al-Hadid ayat 20: Makna Kata Kafir

Al-Quran merupakan sumber hukum utama umat Islam. Muhammad Ali Ash-Shabuni mendefinisikan al-Qur’an sebagai suatu firman …