keharian warga muslim di kota hamtramck
keharian warga muslim di kota hamtramck

Alhamdulillah Di Minneapolis Azan Diperbolehkan Siang Hari dan Akui Puasa Ramadhan

JAKARTA – Bulan Ramadhan tahun ini menjadi sebuah berkah bagi umat muslim di Kota Minneapolis, Amerika Serikat (USA). Suara Adzan diperbolehkan berkumandang di siang hari, selain itu Dewan Kota juga mengakui bulan Ramadhan (24/3). Ini merupakan kebijakan pertama kali dalam sejarah kota.

Dilansir dari laman republika.co.id Kabar gembira diperbolehkanya adzan sepanjang tahun dan pengakuan atas Ramadhan diungkapkan oleh Anggota Dewan Lingkungan Minneapolis Jamal Osman. Masjid di Menneapolis boleh mengumandangkan adzan sekitar lima menit, menyerukan umat Islam untuk shalat lima waktu setiap hari.

“Ini adalah kehormatan yang luar bias pengakuan Ramadhan pertama kali oleh dewan kota dan pengakuan bahwa adzan dapat disiarkan di Minneapolis,” kata Jamal dalam pertemuan tersebut.

Di dalam masjid, seorang tokoh masyarakat mengumandangkan azan. Di luar masjid, umat Islam biasanya mendengar azan yang sudah direkam sebelumnya di ponsel atau jam alarm mereka. Untuk pertama kalinya, penduduk Minneapolis dapat mendengar azan sepanjang tahun dari pengeras suara di masjid lokal mereka.

Jamal yang memimpin Kaukus Muslim baru dewan tersebut, yang mencakup Anggota Dewan Lingkungan 10 Aisha Chughtai dan Anggota Dewan Lingkungan 5 Jeremiah Ellison  mendorong resolusi tersebut. Minneapolis telah menjadi rumah bagi salah satu populasi terbesar Somalia dan Afrika Timur di negara ini, dan keyakinan Muslim mereka diterima di sini

“Muslim telah menjadi bagian dari struktur Amerika selama lebih dari 400 tahun, sejak Muslim pertama di Amerika tiba sebagai budak,” sebut sebagian resolusi itu.

Masjid-masjid di sekitar kota dapat merayakan Ramadhan ini, dan setiap hari dengan azan yang berusia berabad-abad dipatuhi oleh umat Islam di seluruh dunia.

Ramadhan tahun ini dimulai pada malam (2/4) dan berlangsung selama 30 hari. Umat ​​Islam yang mampu berpuasa dari fajar hingga senja, menahan diri dari makan dan minum. Ini juga merupakan waktu untuk meningkatkan refleksi spiritual, doa, membaca Al qur’an, dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Baca Juga:  Ingin Luruskan Citra yang Dirusak Media Barat, Youtuber Inggris Ini Jatuh Cinta Pada Islam

“Kota kami mengakui dan menghormati orang-orang beragama Islam untuk menjadi pemimpin,” kata Ellison kepada Sahan Journal menjelang pertemuan, Kamis (24/3/2022).

“Itu tercermin di Dewan Kota kami saat  pemilihan ayah saya [Keith Ellison] di tahun 2006. Saat ini kita memiliki kepemimpinan kongres dengan Ilhan Omar. Tetapi kami masih memiliki orang-orang di komunitas kami yang merasa benar-benar tidak terlihat. Saya berharap ini adalah salah satu dari banyak tindakan yang membuat orang merasa terlihat,”ujar Ellison.

Chughtai menjadi wanita muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Dewan Kota Minneapolis pada bulan November dan mengatakan dia berharap untuk memperluas kebijakan untuk memenuhi kebutuhan komunitas Muslim kota. Perkiraan menempatkan populasi Muslim di Minnesota hampir 200 ribu orang.

“Sebagian besar masyarakat tinggal di Kota Kembar dan pinggiran kota sekitarnya. Kami sering berbicara tentang Ramadhan sebagai waktu untuk refleksi, waktu bagi kami untuk melihat lebih dalam, Ini juga merupakan waktu untuk refleksi sebagai sebuah komunitas,” kata Chughtai pada pertemuan itu.

Yusuf Abdulle, direktur Asosiasi Islam Amerika Utara, bergabung dalam pertemuan tersebut untuk berbicara tentang pentingnya Ramadhan, terutama bagi jamaah masjid yang berbasis di Minneapolis.

“Sangat penting bagi kita sebagai umat Islam untuk memperingati dan mengingat mereka yang kurang makan, mereka yang haus, mereka yang menderita,” kata Yusuf.

Yusuf mengaku sangat gembira dan senang menyambut Ramadhan ini dengan dukungan dari kota Minneapolis. Resolusi mengatakan kumandang azan adalah legal.

Menurut peraturan kota yang diadopsi sebelumnya, suara yang terkait dengan ibadah keagamaan yang berlangsung tidak lebih dari 10 menit dalam satu jam antara pukul 7 pagi dan 10 malam dibebaskan dari pelanggaran kebisingan. Itu tidak secara khusus menunjuk waktu dalam setahun, seperti Ramadhan, atau menyebut hari libur atau agama apa pun.

Baca Juga:  Polemik Penghapusan Sertifikasi Halal, MUI Ingatkan Omnibus Law Harus Sejalan dengan Konstitusi

Peraturan tersebut mengizinkan azan sepanjang tahun, yang dipraktikkan hanya di tiga kota AS lainnya, Paterson, New Jersey,  Hamtramck dan Dearborn, Michigan. Di negara-negara mayoritas Muslim, azan biasanya terdengar melalui pengeras suara sepanjang tahun.

Yusuf mengatakan, kemampuan mengumandangkan azzan memberikan kesempatan kepada jamaahnya untuk membangun jembatan dengan tetangganya.

“Itu menyelaraskan komunitas kota kita yang indah dan berkontribusi pada saling pengertian antara orang-orang yang berbeda keyakinan,” kata dia.

Azan pertama kali terdengar di seluruh kota pada tahun 2020. Kota ini bermitra dengan Dewan Hubungan Amerika-Islam di Minnesota dan sebuah masjid lokal untuk memutarnya melalui pengeras suara selama Ramadhan di lingkungan Cedar–Riverside, yang memiliki populasi Afrika Timur yang besar.  Karena masjid ditutup pada saat itu karena covid-19, umat Islam di daerah itu dapat mendengar azan saat merayakan Ramadhan dari rumah mereka.

Chughtai menekankan pentingnya azan selama pertemuan dewan kota. Dia berharap untuk memperluas definisi negara bagian tentang jam siang hari, yang tidak mengizinkan azan sebelum matahari terbit untuk sholat subuh.

“Ketika anak-anak Muslim lahir, hal pertama yang kami lakukan adalah membacakan azan untuk mereka. Dan ketika mereka meninggal, kami melakukan hal yang sama. Kita datang ke dunia ini dengan azan. Kami meninggalkan dunia ini dengan azan. Kami memulai setiap pagi saat Subuh, sholat subuh, dengan panggilan yang sama. Dan kita mengakhiri setiap malam dengan cara yang sama,”kata Chughtai.n Ratna Ajeng Tejomukti

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

raker penyelenggaraan ibadah haji

Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas Minta Santri Semangat Menuntut Ilmu Dan Lawan Kebencian Terhadap Santri Dengan Prestasi

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada para santri untuk terus menuntut ilmu secara sungguh-sungguh, …

Sarasehan Penguatan Moderasi Beragama BNPT dan UMY

Cegah Virus Radikal Terorisme di Sekolah, BNPT Perkuat Moderasi Beragama Guru SMA/SMK se-DIY

Yogyakarta – Generasi Z dan generasi milenial antara usia 14-39 tahun menjadi generasi yang paling …