Doa Masuk Pasar
Doa Masuk Pasar

Baca Doa Ini Bila Hendak Memasuki Area Pasar

Belanja ke pasar merupakan aktivitas tak terelakkan. Semua manusia menjalani rutinitas ini sehari-hari, baik secara langsung ia belanja sendiri ke pasar atau minta bantu orang lain. Saat ini ada dua model pasar yang kita kenal, tradisional dan modern. Dua tempat yang setiap harinya ramai dikunjungi orang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Islam sendiri sangat memperhatikan aktivitas keseharian ini. Bagaimanapun, karena pasar merupakan tempat berkumpulnya orang banyak, tentu sisi negatifnya tetap ada. Sebab itu, Islam mengajarkan beberapa hal ketika memasuki area pasar. Ada beberapa tatakrama dan aturan yang harus diperhatikan supaya tidak melanggar norma-norma agama. Salah satunya adalah doa ketika akan memasukinya.

Tercatat dalam kitab al Adzkar karya Imam Nawawi doa yang dibaca ketika akan memasuki pasar berdasar pada hadis Nabi.

Dari Umar bin Khattab, Rasulullah bersabda, “Siapa yang memasuki pasar lalu membaca ‘La Ilaha Illallah Wahdahu La Syarikalahu Lahul Mulku Walahul Hamdu Yuhyi Wa Yumitu Wahuwa Hayyun La Yamutu biyadihil Khairu wa huwa ‘ala Kulli Syaiin Qadir’ (Tidak ada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan (alam semesta), dan bagi-Nya segala puji. Dia yang menghidupkan dan mematikan. Dialah yang hidup yang tidak mati. Ditangan-Nya segala kebaikan, dan Maha Kuasa atas setiap sesuatu), niscaya Allah menetapkan baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta kejahatan serta mengangkatnya lebih tinggi sejuta derajat”. (HR. Turmudzi dan yang lain).

Imam Hakim dalam kitabnya Mustadrak ‘ala al Shahihain meriwayatkan hadis serupa dengan sedikit perbedaan redaksi, “Dan Dia akan membangun untuknya mahligai di surga”.

Pada hadis yang lain, Rasulullah juga mengajarkan doa ketika akan memasuki pasar. Seperti hadis riwayat Imam Hakim dari Buraidah al Aslami.

Baca Juga:  Belajar dari Doa Iblis yang Dikabulkan Allah

Rasulullah apabila memasuki pasar membaca: “Bismillahi Allahumma Inni Asaluka Khaira Hadzihissuqi wa Khaira ma Fiha wa a’udzubika min syarriha wa syarri ma Fiha, Allahumma Inni a’udzubika an Ushiba Fiha Yaminan Fajiratan aw Shafqatan Khasiratan (dengan nama Allah, ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan pasar ini dan kebaikan yang ada padanya, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang terdapat padanya, ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari melakukan sumpah palsu dan jual beli yang rugi (dunia dan akhirat)”.

Dari dua hadis ini, Rasulullah mengajarkan dua doa ketika akan memasuki pasar.

Doa pertama,

لااله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد يحيي ويميت وهو حي لا يموت بيده الخير وهو علي كل شيئ قدير

Doa kedua,

 بسم الله اللهم اني أسئلك خير هذه السوق وخير مافيها واعوذ بك من شرها وشر مافيها اللهم اني اعوذ بك أن أصيب فيها يمينا فاجرة أو صفقة خاسرة

Bagikan Artikel
Best Automated Bot Traffic

About Khotibul Umam

Avatar
Alumni Pondok Pesantren Sidogiri