Era New Normal di beberapa daerah sudah mulai dijalankan. Kebijakan ini untuk mengimbangi antara menjaga kesehatan dan kesejahteraan. Aktifitas di luar rumah sebagaimana kondisi normal harus dijalankan, tetapi dengan beradaptasi dengan kebiasaan baru untuk menjaga kesehatan. Itulah New Normal.

Mencari nafkah merupakan tugas dan jihad seorang kepala keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Di saat seperti sekarang ini, situasi masih diliputi Covid-19, aktivitas keseharian tersebut sedikit terganggu oleh ancaman penularan virus Corona ini.

Sebagai seorang yang beriman tentu harus selalu berikhtiar, tawakkal dan berdoa kepada Tuhan supaya selamat dari wabah mematikan ini. Ikhtiar dengan cara mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh agama maupun pemerintah, seperti selalu mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari keramaian, dan segala tindakan preventif yang lain.

Adapun tawakkal adalah berserah diri sepenuhnya kepada Allah, segala yang terjadi pasti karena kehendak dan ketentuan-Nya. Dan terakhir, berdoa supaya selalu dalam lindungan Allah.

Salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah yang bisa dibaca setiap akan ke luar rumah baik untuk perjalanan dekat maupun jauh dan cocok untuk kondisi saat ini adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

BISMILLAHI, TAWAKKALTU ’ALA ALLAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

“Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah”.

Dari Anas bin Malik, Nabi bersabda,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya (malaikat berkata); ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi”.

Saat setan menjauh darinya, berkatalah setan yang lain kepadanya,  ” bagaimana kamu bisa mengganggunya, sedangkan dia telah djberi petunjuk, dicukupi dan dilindungi”. (HR. Abu Daud)

Doa adalah senjata bagi umat Islam. Maka yakinlah, setan yang memiliki kekuatan menggoda yang sangat jitu saja tidak bisa menundukkan dan mengganggu manusia, apalagi hanya  penularan covid-19 yang bisa dihindari dengan cuci tangan, jaga jarak dan menggunakan masker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.