Fethi Nourin
Fethi Nourin

Bela Palestina, Atlet Judo Aljazair Tolak Hadapi Israel dan Pilih Mundur Dari Olimpiade Tokyo

Tokyo – Invasi Israel di tanah Palestina terus berbuntut protes dan kecaman. Tidak hanya protes dan kecaman yang bersifat politis antar negara, penjajahan kaum Yahudi itu juga menimbulkan dan kecaman di dunia olahraga.

Pun di Olimpiade 2020 Tokyo, seorang atlet judo Aljazair Fethi Nourine menolak bertanding menghadapi atlet Israel dan mundur dari ajang bergengsi multi cabang empat tahunan itu. Nourine mengaku memutuskan mundur karena keyakinannya mendukung kemerdekaan Palestina.

“Keputusan ini adalah setidaknya yang bisa kami tawarkan untuk perjuangan Palestina. Ini adalah tugas saya,” katanya, dilansir di Wafa News, Minggu (25/7/2021).

Nourine mengatakan, Israel adalah penjajah yang tidak seharusnya mempunyai negara. “Ingin mengirim pesan ke seluruh dunia bahwa Israel adalah pendudukan, negara tanpa hukum, negara tanpa bendera,” ujarnya.

Atlet Aljazair itu dijadwalkan menghadapi Mohamed Abdalrasool dari Sudan di kelas 73 kilogram putra. Sementara, Tohar Butbul dari Israel dapat otomatis maju ke tahap kompetisi berikutnya.

Setelah mengumumkan pengunduran dirinya, Federasi Judo Internasional (IJF) mengatakan pada Sabtu (24/7/2021), mereka menangguhkan sementara Nourine dan pelatihnya, Amar Benikhlef. Menurut Reuters, jika Nourine mengalahkan Abdalrasool, pemain Aljazair itu akan bertemu Butbul Israel di babak berikutnya.

Kejadian ini bukan pertama kalinya Nourine mundur dari kompetisi untuk menghindari menghadapi lawan Israel. Ia sebelumnya juga menarik diri dari kejuaraan dunia 2019. Ini bukan pertama kalinya judoka Israel membuat lawan mereka mundur atau menolak mengakui mereka.

Pada Olimpiade 2016 di Rio, atlet Mesir Islam El Shehaby berhenti dari olahraga tersebut beberapa jam setelah menolak berjabat tangan dengan lawannya yang menang dari Israel, Or Sasson di babak pertama kompetisi di atas 100 kilogram putra.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Seorang Polisi Muslimah Inggris Berada Digarda Terdepan Pimpin Barisan Hadapi Pendemo

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di depan Majelis Umum PBB

Turki di Garis Terdepan Perang Melawan Islamofobia

New York – Turki siap mengambil peran utama dalam berperang melawan Islamofobia di komunitas internasional. …