Kepala BNPT Komjen Pol DR Boy Rafli Amar MH
Kepala BNPT Komjen Pol DR Boy Rafli Amar MH

Bentengi Generasi Muda dari Radikalisme, Alim Ulama Harus Sampaikan Narasi Keagamaan dan Kebangsaan

Padang – Alim ulama mengajak para alim ulama untuk membentengi generasi muda dari paham radikal terorisme yang menggunakan narasi agama. Tren radikalisasi menggunakan narasi agama ini berhasil menarik remaja yang dalam tahap mencari identitas diri.

Imbauan itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen. Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H., dalam peresmian Masjid Su’adaa Muhammadiyah di Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada Sabtu (18/12/2021).

“Kepada alim ulama kiranya jika ada orang-orang itu mengajak anak muda dengan narasi agama, seolah olah berjuang atas nama agama,” kata Boy Rafli

Kepala BNPT mengatakan kejahatan terorisme berawal dari ideologi kekerasan dan menentang segala bentuk perbedaan (intoleransi). Ia menjelaskan penyebaran paham atau ideologi tersebut cepat seperti virus. Salah satu penyebabnya adalah media sosial sebagai media diseminasi propaganda radikalisme terorisme.

Menurut Boy Rafli, vaksin yang ampuh menyembuhkan virus tersebut adalah pemahaman agama yang utuh serta penguatan nilai-nilai kebangsaan. Maka dari itu, alim ulama memiliki peran yang sangat strategis untuk menyampaikan narasi keagamaan dan kebangsaan.

“Kejahatan terorisme berkembang dari ideologi kekerasan, menghalalkan segala cara kekerasan terutama orang yang tidak sejalan dengan mereka. Kami titip, mari jaga anak-anak kita jangan terpengaruh ideologi kekerasan ini,” terang Boy Rafli.

Peresmian masjid dihadiri oleh jajaran pejabat di lingkungan BNPT, Bupati Kabupaten Agam, serta tokoh agama di sekitar Masjid Su’adaa Muhammadiyah.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Celah Intoleransi Dalam Beragama Diincar Kelompok Radikal Untuk Sebarkan Virus Radikalisme

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

tanggal januari hari apa ini sejarah lahirnya kemenag

Tentukan Awal Idul Adha 1443 H Kemenag Gelar Sidang Isbat

Jakarta – Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha akan ditentukan pada hari ini, sidang akan digelar …

viral ibu di cfd memperjuangkan pelegalan ganja medis

PBNU Akan Segera Kaji Penggunaan Ganja untuk Medis dari Sisi Kesehatan dan Hukum Agama

PBNU Akan Segera Kaji Penggunaan Ganja untuk Medis dari Sisi Kesehatan dan Hukum Agama Jakarta …