KH Maruf Amin
KH Maruf Amin

Berpotensi Beda, Wapres: Mudah-mudahan Awal Ramadan Pemerintah dan Muhammadiyah Sama

Jakarta – Penetapan awal bulan Ramadan 1443 Hijriyah berpotensi berbeda antara pemerintah dan Muhammadiyah. Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah telah lebih dulu memutuskan bahwa awal bulan Ramadan 1443 H pada tanggal 1 April 2022.

Namun pemerintah melalui Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkirakan awal Ramadan 1443 H jatuh pada MInggu, 3 April 2022.

Menanggapi hal ini, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin berharap penetapan awal Ramadan pemerintah sama dengan Muhammadiyah.

“Kalau awal Ramadan itu kan memang kecuali Muhammadiyah sudah ada kesepakatan sistem atau cara penetapan melalui sidang itsbat di Kementerian Agama. Diharapkan tahun ini masih sama antara Muhammadiyah dan pemerintah,” kata Wapres dalam keterangan persnya di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Wapres menjelaskan, penetapan awal Ramadan antara Muhammadiyah dan pemerintah memiliki pendekatan berbeda. Jika Muhammadiyah menggunakan metode hisab wujudul hilal, maka pemerintah menggunakan metode imkanur rukyat atau mengamati langsung hilal minimal dua derajat.

Ia mengatakan, jika melihat tahun ini kemungkinan lebih dari dua derajat, maka penetapan awal puasa akan sama.

“Mudah-mudahan sama,” lanjut Wapres.

Namun demikian, jika nantinya tidak sama, Wapres menilai tidak akan menjadi masalah. Karena selama ini, sudah ada toleransi dalam penetapan awal puasa.

“Itu sudah ada semacam pemahaman bersama ya. Artinya ada toleransi, ya misalnya Muhammadiyah dengan pendekatan namanya wujudul hilal, kalau dia asal ada hilal. Tapi kalau pemerintah itu ada imkanur rukyah, kemungkinan rukyah, minimal dua derajat,” kata mantan Ketua umum MUI ini.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Biden Dinilai Mampu Buktikan Janji Kampanye Terkait Kebijakan Terhadap Umat Islam

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

akhlak karimah

Khutbah Jumat – Menyelamatkan Generasi Muda Dari Virus Radikalisme

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …