Bom di depan masjid tempat peringatan ibu Juru Bicara Taliban Zahibullah Mujahid
Bom di depan masjid tempat peringatan ibu Juru Bicara Taliban Zahibullah Mujahid

Bom di Luar Masjid Kabul Meledak, Taliban: Pelakunya ISIS!

Kabul – Sebuah bom meledak di luar masjid di Kabul, Afghanistan, Minggu (3/10/2021) waktu setempat. Ledakan itu menyebabkan lima orang warga sipil tewas.

Dilansir dari Associated Press, Senin (4/10/2021), seorang pejabat Taliban mengatakan ledakan itu adalah serangan paling mematikan di ibu kota Afghanistan sejak pasukan AS pergi pada akhir Agustus.

Tidak ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan itu. Meski demikian, Taliban mencurigai ekstremis ISIS yang telah meningkatkan serangan terhadap Taliban dalam beberapa pekan terakhir, terutama di kubu ISIS di Afghanistan timur.

Bom yang diletakkan di pinggir jalan itu meledak di pintu gerbang Masjid Eid Gah di Kabul saat upacara peringatan untuk ibu kepala juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Qari Saeed Khosti, mengatakan ada lima orang yang tewas akibat ledakan itu.

Ledakan itu menunjukkan terjadinya peningkatan serangan yang dihadapi Taliban beberapa minggu setelah mereka menguasai Afghanistan. Selama pemberontakan 20 tahun mereka, Taliban sendiri telah sering melakukan serangan bom dan penembakan, tetapi sekarang dihadapkan pada upaya untuk menahan gerilyawan saingan menggunakan metode yang sama.

Taliban kini berjuang untuk menjalankan negara itu tanpa bantuan asing yang diberikan kepada pemerintah yang didukung Amerika Serikat sebelumnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Bangsa Indonesia Dididik Tidak Saling Benci, Waspada Adu Domba dan Konflik

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

viral ustaz berdakwah sambil streaming mobile legends

Inovasi Keren, Ustaz Berdakwah Sambil Streaming Mobile Legends

Jakarta – Berdakwah atau mensyiarkan agama dan kebaikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang paling …

MBS

Diangkat Jadi Perdana Menteri, MBS Penanggung Jawab Baru 2 Masjid Suci

Riyadh –Raja Salman telah mengangkat Putra Mahkota Muhammed Bin Salman (MBS) sebagai Perdana Menteri Arab …