Korban bom ISIS di Bandara Kabul
Korban bom ISIS di Bandara Kabul

Bukan Taliban, Ternyata Kelompok Teroris ISIS Klaim Bertanggung Jawab Bom di Bandara Kabul

Kabul – Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS atau Daesh) kembali menunjukkan kekejamannya. Saat ribuan orang mengantri dievakuasi di luar Bandara Kabul, Kamis (26/8/2021), dua bom bunuh diri meledak di sekitar mereka. 13 tentara Amerika yang tengah menjaga proses evakuasi itu tewas, ditambah 60 warga, dan 140 warga lainnya luka-luka.

Hanya beberapa saat setelah teror dahsyat itu, ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Dilansir AFP, kantor berita propaganda ISIS, Amaq, menyebut pelaku bom bunuh diri ‘mampu menembus benteng keamanan dan berada 5 meter’ dari Pasukan Amerika Serikat. Bomber seketika meledakkan sabuk yang dikenakannya.

Namun, pernyataan tersebut hanya menyebut satu bomber yang menyebabkan sebuah ledakan. Pasalnya, ada 2 bom bunuh diri yang terjadi di luar Bandara Kabul.

Kepala Komando Pusat Militer AS Jenderal Kenneth McKenzie mengatakan pihaknya bakal mengejar pelaku pengeboman. Ia mewanti-wanti ancaman serangan selanjutnya. McKenzie menuturkan pihak yang bertanggungjawab atas pengeboman itu juga hendak menyerang lusinan pesawat di Bandara Kabul.

Bom bunuh diri itu terjadi 2 kali di sekitar Gerbang Abbey Bandara Kabul. Para pejabat AS dan sekutu sudah memiliki informasi intelijen bahwa pelaku bom bunuh diri terkait dengan kelompok Negara Islam (ISIS) di Afghanistan dan Negara Islam-Khorasan (IS-K). Kelompok ini diketahui berselisih dengan Taliban.

Dalam sebuah video yang diunggah wartawan Afghanistan menunjukkan puluhan mayat bergelimpangan di sekitar Bandara Kabul. Video itu menampilkan puluhan mayat berlumuran darah di parit berair di dekat pagar bandara.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Meski Hujan Menerpa, Prajurit TNI Tetap Khusu’ Salat dan Bersimpuh

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di depan Majelis Umum PBB

Turki di Garis Terdepan Perang Melawan Islamofobia

New York – Turki siap mengambil peran utama dalam berperang melawan Islamofobia di komunitas internasional. …