WhatsApp Image 2020 04 16 at 11.33.46
WhatsApp Image 2020 04 16 at 11.33.46

Catat! Ini 2 Waktu Mustajab Setiap Hari di Bulan Ramadhan

Kita mesti bersyukur kepada Tuhan karena masih diberi kesempatan menapak hidup di bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan ampunan. Nilai pahala dilipat jumlahnya. Harapan diampuni atas dosa terbuka. Karenanya, harapan terbesar menggapai ridha Allah pintunya terbuka lebar.

Mukmin sejati akan menjalani puasa Ramadhan dengan niat ikhlas mengharap ridha Allah, menjalankan perintah-Nya, mengharap pengampunan-Nya, dan masuk kategori orang yang bertakwa sebagaimana pesan al Qur’an bahwa wajibnya menjalankan ibadah puasa supaya engkau manjadi orang yang bertakwa.

Supaya semua harapan tersebut bisa dikabulkan, pada tiap hari bulan Ramadhan Allah menyediakan dua waktu mustajab untuk berdoa. Segala doa yang dipanjatkan oleh orang-orang mukmin yang berpuasa akan dikabulkan oleh-Nya. Di dua waktu ini kita minta meminta kepada Allah supaya menjadi orang yang di ridhai-Nya, diampuni segala dosa, dan juga meminta sesuatu untuk kemaslahatan hidup di dunia.

Lalu di mana waktu dua waktu mustajab tersebut?

Pertama, disaat berbuka puasa. Informasi bahwa saat berbuka puasa adalah waktu diistijabahnya doa ada pada beberapa hadis Nabi.

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya orang yang berpuasa pada saat berbuka memiliki satu doa yang tidak akan ditolak”. (HR. Ibnu Majah).

Untuk itu, disamping membaca doa berbuka puasa seperti yang diajarkan oleh Nabi, selayaknya berdoa secara khusus untuk kepentingan yang sifatnya ukhrawi maupun kemaslahatan duniawi. Saat berbuka puasa jangan sampai terlena diri dengan menumpahkan hasrat makan minum setelah selama sehari penuh didera lapar dan dahaga. Panjatkan doa saat berbuka puasa, Allah pasti mengabulkan.

Kedua, saat masuk sepertiga malam. Pada saat ini doa umat Islam akan dikabulkan oleh Allah.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Allah turun setiap malam ke langit dunia pada saat sepertiga malam terakhir. Dia berfirman, “Siapa yang berdoa kepadaku akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaku akan Aku beri. Siapa yang meminta ampun kepadaku, Aku akan mengampuninya”. (HR. Bukhari).

Baca Juga:  Inilah Tujuh Manfaat Shadaqah yang Patut Digalakkan Di Tengah Pandemi

Oleh karena itu, dua waktu mustajab ini hendaklah dimanfaatkan dan jangan sampai berlalu begitu saja. Walau sebentar, panjatkan doa dengan hati ikhlas dan khusyuk mengharap ridha dan ampunan dari Allah, supaya hidup berkah dan Ramadhan benar-benar berbekas pada diri kita sehingga tergolong sebagai manusia yang bertakwa.

Bagikan Artikel ini:

About Khotibul Umam

Avatar of Khotibul Umam
Alumni Pondok Pesantren Sidogiri

Check Also

kisah nabi

Ketika Nabi Melunakkan Hati Sahabat yang Cemburu karena Merasa Paling Islami

Alkisah, penaklukan Makkah atau lebih tren disebut “Fathu Mekah” berjalan tanpa aral lintang, nyaris tanpa …

petasan dari kertas al quran

Viral Petasan Berbahan Kertas Al-Qur’an, Catat Ini Hukumnya!

Tak berapa lama berselang, jagad maya dihebohkan oleh kasus petasan berbahan kertas Al-Qur’an. Respon publik …