Masjid dijadikan fasilitas perawatan Covid 19 di India
Masjid dijadikan fasilitas perawatan Covid 19 di India

Muslim India Siapkan Masjid Untuk Fasilitas Darurat Covid-19

New Delhi – Ketika banyak negara di dunia sudah mulai bisa mengendalikan penyebaran Covid-19, India kini justru kembali menghadapi hantaman dahsyat penyebaran virus Corona. Puluhan bahkan ratusan ribu orang dinyatakan positif Covid-19, yang membuat hampir seluruh rumah sakit di negara itu menjadi penuh sesak dan persediaan oksigen hampir habis.

Fakta itulah yang membuat Umat Muslim di India tak mau berpangku tangan begitu saja terhadap musibah pandemi Covid-19. Mereka pun menyiapkan masjid sebagai lokasi fasilitas darurat Covid-19.

Sebuah masjid di Jahangirpura, Kota Vadodara, Negara Bagian Gujarat, diubah menjadi fasilitas kesehatan darurat, mampu menampung hingga 50 tempat tidur. Inisiatif dari pengurus masjid mendapat sambutan hangat warga India, hingga viral di media sosial.

Dalam foto-foto yang dibagikan kantor berita Asian News International (ANI) di Twitter, terlihat bagian dalam masjid yang seharusnya digunakan untuk salat berjamaah diubah layaknya rumah sakit. Unggahan itu dibanjiri ratusan komentar dan disukai oleh lebih dari 6.700 pengguna Twitter.

Menurut pengurus masjid, kekurangan fasilitas rumah sakit menggerakkan hati mereka menyediakan tempat merawat pasien.

 “Karena kekurangan tempat tidur dan oksigen, kami memutuskan mengubah masjid ini menjadi fasilitas Covid-19 yang bisa menampung sekitar 50 tempat tidur. Tidak ada waktu yang lebih baik untuk melakukan ini selain di bulan Ramadan,” kata Irfan Sheikh, seorang pengurus masjid, dikutip dari kantor berita ANI, Kamis (22/4/2021).

Para pasien penderita Covid merasa tertolong oleh bantuan masjid, begitupun masyarakat sekitar yang merasa tidak keberatan rumah ibadah mereka dialihfungsikan. Rumah sakit umum di Gujarat saat ini sudah kelebihan beban, sehingga pasien antre untuk bisa mendapatkan perawatan, termasuk penderita Covid.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Donasi Makanan Halal Ditengah Covid-19 Bagi Tenaga Medis Muslim Filipina

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

buya syafii maarif

Mengenang Buya Syafii Maarif : Tokoh Sederhana yang Teguh Memegang Prinsip Keislaman, Kebangsaan dan Kemanusiaan

Sejatinya, teramat sulit untuk menuliskan judul tentang sosok inspiratif Buya Syafii Maarif. Bukan karena kekurangan …

akhlak karimah

Khutbah Jumat – Menyelamatkan Generasi Muda Dari Virus Radikalisme

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …