suasana lomba mtq ilustrasi
suasana lomba mtq ilustrasi

Cucu Pendiri NU Apresiasi Jenderal Dudung Gelar MTQ untuk Jalin Sinergitas Keummatan

JAKARTA – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAT) Jenderal Dudung Abdurrahman menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) TNI AD pada bulan Ramadhan tahun ini. Kegiatan yang digelar dari tanggal 18 – 22 April 2022 mendapatkan apresiasi yang baik dari berbagai kalangan termasuk dari salah seorang cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Wahab Hasbullah, KH Solachul AAM Wahab atau yang kerap disapa Gus AAM.

Gus AAm sendiri mengapresiasi langkah Jenderal Dudung yang menggelar MTQN karena kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk sinergitas TNI AD dengan masyarakat.

“Saya mengapresiasi Angkatan Darat mengadakan MTQ, ini bisa menjalin silaturahim dan bermanfaat melahirkan qari-qariah terbaik dari prajurit TNI AD, yang mampu berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat,” ujar Gus Aam dalam keterangan tertulis seperti yang dikutip dari laman Republika.co.id, Rabu (20/4/2022).

Lomba MTQ Nasional TNI AD ini dilaksanakan selama lima hari pada 18-22 April 2022 dengan mengusung tema “Melalui MTQN TNI AD 2022, Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Kepada Allah SWT sebagai Landasan Pengabdian Kepada Bangsa dan Negara.”

“Kegiatan seperti ini tentu sangat bermanfaat merekatkan Angkatan Darat dengan Umat. Angkatan Darat harus semakin dicintai umat dan rakyat Indonesia dan terus membekali prajuritnya keimanan dan ketakwaan pada Allah SWT,” ucap Gus Aam.

Dia menjelaskan, TNI lahir dari rakyat, khususnya dari Hizbullah dan Sabilillah, yang pada zaman kemerdekaan sebagian besar dipimpin para kiai, putra kiai, atau pun habaib. Menurut dia, pada saat itu tentara Hizbullah turut berjuang mempertahan kemerdekaan RI.

“Jadi kedekatan antara ulama dengan TNI sangatlah erat bagaikan lem dan perangko. Tentu seluruh rakyat Indonesia sangat berharap TNI, ulama dan umat bersatu padu, bahu-membahu dalam rangka membangun kualitas sumber daya umat beriman  bertakwa dan berakhlak mulia,” jelas Gus Aam.

Baca Juga:  Menjalankan Puasa Ramadan Bagi Mahasiswa RI di Belgia, Dikagumi Para Bule Dan Jadi Media Dakwah

Lomba MTQ Nasional TNI AD ini diikuti oleh 217 orang peserta yang berasal dari Kotama dan Balakpus TNI AD dengan materi lomba yaitu Tilawah, yang dibagi menjadi empat kategori. Kategori putra terdiri dari prajurit dan PNS di lingkungan TNI AD, kategori putri terdiri dari Kowad, Persit dan PNS di lingkungan TNI AD, serta kategori putra dan kategori putri dari masyarakat umum.

Ketua ormas Rekonsiliasi Masyarakat (Rekat) Indonesia, Eka Gumilar, juga mengapresiasi langkah Jendral Dudung yang melaksanakan MTQ pada bulan Ramadhan tahun ini. “Ini sangat menyejukan dan membangun silaturahmi yang kuat. Diharapkan Angkatan Darat semakin dicintai rakyat,” kata Eka.

 

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Syeikh Yusuf Al Qaradhawi

Innalillahi… Cendekiawan Islam Syeikh Yusuf Al Qaradhawi Wafat

Jakarta – Dunia Islam kembali kehilangan salah satu cendekiawan terbaiknya. Cendekiawan Islam dan Presiden Pendiri …

Masjid di Nigeria diserang teroris bersenjata saat digelar Salat Jumat

Salat Jumat Diserang Teroris Bersenjata di Nigeria, 15 Jamaah Tewas

Abuja- Aksi biadab terjadi di di negara bagian Zamfara, Nigeria barat laut, Jumat (23/9/2022). Sebuah …