Dalam Kitab al Adzkar Karangan al Imam al Hafidz Syaikhul Islam Muhyiddin Abu Zakariya Yahya bin Syaraf al Nawawi menjelaskan doa yang seharusnya dibaca ketika hendak masuk ke dalam rumah. Menurut beliau sunnah membaca basmalah, memperbanyak dzikir dan mengucap salam baik ada ataupun tidak ada orang di dalam rumah.

Imam Nawawi mendasarkan kesunnahan doa ketika akan masuk rumah tersebut pada firman Allah, “Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. (QS. al Nur: 61).

Dasar yang kedua adalah hadis riwayat Anas, Rasulullah berkata kepadaku, “Wahai anakku, jika kamu hendak memasuki rumahmu maka ucapkanlah salam, maka niscaya kamu akan mendapatkan berkah bersama keluargamu yang ada di rumah tersebut”. ( Imam Turmudzi berpendapat hadis ini Hasan shahih).

Di samping sunnah, membaca doa di atas memberi manfaat yang sangat luar biasa. Di antara manfaat tersebut adalah menyebabkan datangnya harta yang berlimpah, keluarga yang harmonis dan bahagia.

Salah satu ulama kesohor yang menyatakan hal ini adalah Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghoni atau dikenal Abah Guru Sekumpul, ulama besar dari Kalimantan. Beliau memberikan nasehat agar mengamalkan dzikir dan amaliyah yang telah tersebut supaya kita cepat kaya dengan harta yang barokah dan supaya rumah tangga harmonis untuk menggapai akhirat yang bahagia.

Menurut beliau, pada setiap akan masuk ke dalam rumah dan di dalam rumah ada orangnya, saat di depan pintu ucapkan “assalaamu’alaikum” (السلام عليكم). Kalau tidak ada orangnya di dalam maka ucapkan “Assalaamu ‘alainaa wa ’ala ‘Ibaadillaahis Shoolihiyn” (السلام علينا وعلي عباد الله الصالحين).

Kemudian setelah baca salam tadi, maka bacalah surah Al-Ikhlas 3× sambil berjalan masuk ke dalam rumah.”

Dengan melakukan itu, lanjut Guru Sekumpul, Insya Allah tidak sampai setahun akan diberi harta yang berlimpah dan barokah. Tidak hanya bagi yang membacanya saja, tetangganya pun ikut kaya harta berkat bacaan tadi.

Masih menurut Abah Sekumpul, untuk doa dan amalan supaya rumah tangga harmonis, di setiap mau masuk rumah bacalah ayat Kursi cukup 1× saja.  Rumah tangga jadi harmonis, damai, rukun dan aman.

Tentang pentingnya doa masuk rumah seperti keterangan hadis Nabi Muhammad. Sahal bin Sa’ad berkata: “Seorang laki-laki datang kepada Nabi Muhammad dan ia mengadukan kefakiran yang menimpanya.

Lalu beliau bersabda: ‘Apabila kamu hendak masuk ke rumahmu, ucapkanlah salam jika ada seseorang di dalamnya. Dan jika tidak ada orang di dalamnya, ucapkan salam untuk dirimu, dan bacalah surat al Ikhlas’. Lalu, laki-laki tersebut melakukannya. Maka Allah melimpah ruahkan rezeki orang tersebut, sehingga mengalir kepada tetangga-tetangganya.”